15 October 2019, 06:09 WIB

Pesta Gol Inggris ke Gawang Bulgaria Diwarnai Aksi Rasisme


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP/NIKOLAY DOYCHINOV
 AFP/NIKOLAY DOYCHINOV
Para pemain Inggris melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bulgaria

TIMNAS Inggris melaju selangkah lebih dekat untuk lolos ke Piala Eropa 2020 setelah mencetak kemenangan 6-0 atas Bulgaria dalam pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Vasi Levski, Selasa (15/10) dini hari WIB.

Pasukan Gareth Southgate langsung unggul cepat setelah Marcus Rashford mencetak gol spektakuler di menit ketujuh. Striker asal Manchester United itu bermain melebar ke kiri, mengecoh pemain belakang Bulgaria, dan mendorong bola ke kotak penalti untuk melepaskan tendangan akurat.

Kiper Bulgaria Plamen Ilyev sempat menepis bola di sisi atas kanan gawangnya. Namun, bola gagal ia dihalau dan skor 1-0 untuk Inggris.

Tanda-tanda Inggris bakal pesta gol ke gawang Bulgaria semakin terlihat setelah the Three Lions menambah gol di menit ke-20 melalui sepakan Ross Barkley.

Gelandang andalan Chelsea itu mencetak gol usai menerima umpan matang dari kerja sama satu-dua apik Raheem Sterling dan Harry Kane.

Baca juga: Belanda, Jerman Bersaing Ketat

Namun, aksi rasisme yang dilakukan fans tuan rumah membuat wasit menghentikan laga di menit ke-27.

Striker Tottenham Hotspurs Harry Kane mendatangi wasit Ivan Bebek untuk meminta laga dihentikan karena merasa nyanyian rasisme pendukung tuan rumah mengganggu jalannya pertandingan.

Melalui pengeras suara, panitia pelaksana pertandingan meminta suporter menghentikan nyanyian rasisme tersebut. Untungnya, beberapa menit kemudian laga kembali dilanjutkan.

Tidak selang beberapa menit, Kane kembali menjadi aktor di balik gol kedua Barkley di menit ke-32. Umpan silang Kane dari luar kotak penalty dituntaskan dengan baik melalui sundulan oleh Barkley.

Pada menit ke-42, laga kembali dihentikan setelah Southgate mengajukan protes di tepi lapangan. Setelah berdiskusi, pertandingan kembali dilanjutkan dengan catatan jika ada penghentian kembali laga bisa saja dihentikan.

Inggris semakin menjadi-jadi setelah Sterling mampu menceploskan bola ke gawang Bulgaria. Berkat kerja sama satu-dua apik Barkley dan Kane, Sterling sukses mencetak gol sebelum babak pertama berakhir.

Sterling kembali menjadi bintang pertandingan setelah mencetak gol kelima memanfaatkan umpan Kane di menit 69’.

Kane yang sudah menyumbang tiga assist, sukses menutup pesta dengan gol indah di menit ke-85. Striker andalan Tottenham Hotspurs itu melepaskan tendangan kaki kiri mendatar dan membuat kiper Iliev kembali memungut bola dari gawangnya.

Dengan hasil manis tersebut, Inggris sejatinya bisa lolos dengan kemenangan atas Bulgaria jika Kosovo gagal mengalahkan Montenegro di pertandingan Grup A lainnya.

Namun, kemenangan 2-0 Kosovo menandakan The Three Lions harus menunggu kembali untuk memastikan tempat mereka di turnamen tahun depan. (Guardian/OL-2)

 

BERITA TERKAIT