15 October 2019, 05:30 WIB

Cedera Paksa Neymar Menepi Lagi


berbagai sumber/Faj/R-2 | Sepak Bola

Roslan RAHMAN / AFP
 Roslan RAHMAN / AFP
Neymar cedera saat membela negaranya menghadapi Nigeria pada ajang laga uji coba internasional d

KLUB elite Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), kembali harus bersabar untuk mendapatkan jasa bintang asal Brasil, ­Neymar. Pemain termahal dunia berusia 27 tahun itu cedera saat membela negaranya menghadapi Nigeria pada ajang laga uji coba internasional di Singapura, Minggu (13/10) malam.

Neymar memang sudah membela PSG di kompetisi lokal dan memberikan kontribusi positif. Akan tetapi, di dua laga ajang Liga ­Champions Eropa, ­Neymar tidak tampil karena skors menyusul komentar tidak pantas ketika PSG didepak Manchester United pada babak 16 besar Liga Champions Eropa musim lalu.

Cedera di paha kiri membuat Neymar ditarik keluar dan digantikan Philippe Coutinho di menit ke-12 saat menghadapi Nigeria. Kondisinya terlihat mengkhawatirkan sehingga Neymar mungkin akan absen ketika PSG berjumpa Club Brugge Belgia di laga ketiga penyisihan Liga Champions Eropa, 22 Oktober mendatang.

Neymar pun gagal mencetak gol ke-62 di penampilan ke-101 bersama Selecao. Padahal, tambahan satu gol bakal membuatnya menyamai prestasi jumlah gol Ronaldo bersama skuad ‘Samba’, dan hanya satu orang yang belum terlampaui yakni ‘si Mutiara Hitam’ Pele.

“Saat pertandingan dia me-ngeluhkan cedera otot, jadi saya memutuskan menarik dia agar kondisinya tidak kian parah,” tutur pelatih tim ‘Samba’, Tite, yang tim asuhannya ditahan imbang 1-1 oleh Nigeria.

“Neymar tidak mengalami ­cedera sebelum pertandingan. Saya tidak pernah menurunkan pemain jika mereka mengalami masalah seperti itu,” jelas Tite. “Saya tidak bertanggung jawab jika mengambil risiko dengan memainkan pemain yang cedera.”

Bagi Neymar, ini kali ketiga dia cedera tahun ini. Januari silam, cedera telapak kaki (metatarsal) saat membela PSG memaksanya absen hingga 85 hari. Setelah comeback pada April, Neymar hanya bermain selama dua bulan sebelum cedera ligamen menderanya. Itu memaksanya absen membela Brasil di Copa America 2019.

Agustus lalu, Neymar sudah bisa merumput, tetapi dia baru membela PSG pada September lalu. Kini, cedera kembali menerpa dan memaksa Neymar kembali menjadi pesakitan.

Sepanjang karier, Neymar sudah 16 kali cedera. Tahun ini, cedera memaksanya istirahat 175 hari. Jumlah yang bisa terus bertambah. (berbagai sumber/Faj/R-2)

BERITA TERKAIT