14 October 2019, 23:07 WIB

PPM Papua Dukung Polri Tindak Pelaku Demo Anarkis di Papua


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

Dok. PPM Papua
 Dok. PPM Papua
Ketua PPM Papua Boy Dawir 

PEMUDA Panca Marga Provinsi Papua mendukung kepolisian memproses secara hukum para pelaku demo anarkis yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PPM Papua Boy Markus Dawir dalam keterangannya yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Senin (14/10).

"Bagaimana pun Indonesia adalah negara hukum maka kami mendukung Polri agar menjalankan proses hukum bagi siapa pun yang pada waktu kerusuhan lalu di Papua melakukan tindakan anarkis, pembakaran, perampokan bahkan memakan korban jiwa," kata Boy.

Ia tidak ingin agar ada pemakluman pada masyarakat sehingga tindakan yang dilkukan seolah-olah dibenarkan.

Baca juga : Jaga Situasi Kondusif, PPM Papua Dukung Tambahan Pasukan di Papua

"Negara hukum itu punya aturan main. Jangan juga memaksa polisi untuk tidak memroses. Masyarakat harus dididik untuk taat hukum. Maka kami dukung langkah kepolisian untuk memroses hukum para pelaku kerusuhan," jelas Boy.

Termasuk, kata dia, PPM Papua tetap meminta Kepolisian dan TNI bersiaga di Papua untuk memastikan keamanan, terutama pada obyek-obyek vital.

"Papua masih sangat bisa meledak kapan saja. Maka kami meminta agar aparat tetap siaga. Jika memang harus ada penambahan pasukan asalkan dalam rangka jaminan keamanan, kami akan dukung penuh," pungkas Boy. (OL-7)

BERITA TERKAIT