14 October 2019, 21:29 WIB

Personel PJR Polri Kini Dilengkapi Kamera Canggih


Ferdian Ananda Majni | Megapolitan

Antara/Risky Andrianto
 Antara/Risky Andrianto
Anggita Polri saat melakukan patroli jalan raya

DIREKTOIRAT Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya melengkapi personilnya yang melakukan patroli jalan raya (PJR) dengan body camera untuk membantu tugasnya.

Kepala sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 16 body camera. Kamera berbasis teknologi itu pun telah dilengkapi dengan fitur pemetaan posisi (GPS).

"Kamera portabel berbasis teknologi yang dapat dipasang pada saku baju anggota ada 16 unit (body camera) yang sudah siap," kata Nasir saat dikonfirmasi, Senin (14/10).

Sementara itu, Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman menjelaskan sistem kerja body camera menggunakan teknologi berbasis internet melalui kartu seluler dan koneksi WiFi.

Baca juga : Polri Sebut Pandenglang Sarat Kelompok Teroris

"Body camera terpasang source sim card, memiliki fitur seluler 4G, dan Wi-Fi sehingga bisa menggunakan celluler-based (kartu seluler) atau WiFi-based (jaringan Wi-Fi), yang penting terkoneksi ke internet," terangnya.

Selanjutnya body camera akanterhubung dengan ruang kontrol TMC Ditlantas Polda Metro Jaya atau back office.

"Di back office pun, ada internet network (koneksi internet) yang terhubung langsung dengan body camera itu," terangnya.

Penggunaan body camera memiliki sejumlah fungsi. Diantaranya untuk mengawasi anggota kepolisian saat bertugas. Selain itu, bisa dimanfaatkan menindak para pelanggar lalu lintas menggunakan alat berbasis teknologi.

Bahkan fungsi lainya camera portabel itu bisa digunakan untuk meminta tambahan personel untuk mengatur arus lalu lintas di ibu kota. (OL-7)

BERITA TERKAIT