14 October 2019, 20:30 WIB

Prasetyo Siap Makin Soroti Permasalahan DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/GALIH PRADIPTA
 ANTARA/GALIH PRADIPTA
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (keempat kanan),  berfoto bersama saat menghadiri acara coffee morning.

KETUA  DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 Prasetyo Edi Marsudi mengaku akan  total dalam mengawasi jalannya berbagai program serta kebijakan pemerintah provinsi. Sebabnya, ia tidak lagi punya beban untuk lima tahun mendatang.

Pernyataan itu dilontarkan Prasetyo seusai   acara pelantukan anggota DPRD DKI, Senin (14/10). Menurut politisi PDIP itu, pekerjaan rumah Pemprov DKI yang masih menghantui di antaranya ialah permasalahan permukiman kumuh macet, banjir, hingga jaringan transportasi.

"Ada rumah kumuh, seperti di Tambora. Ini nanti kita coba lihat untuk di APBD bisa seperti apa penuntasannya," kata Prasetyo di gedung DPRD DKI.

Baca juga: DPRD DKI Ajukan Pimpinan Definitif

Pihaknya juga akan terus mengawasi pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT). Seperti diberitakan, MRT telah mendapat persetujuan untuk membangun fase 2 dari Bundaran HI ke Kota hingga Ancol Barat.

Kedua transportasi massal berbasis rel ini diharapkan bisa segera cepat terbangun agar bisa mengurangi kemacetan serta memudahkan warga dari Bodetabek menuju Jakarta tanpa menggunakan angkutan pribadi.

Selain itu, Prasetyo membuka opsi untuk melanjutkan program pengentasan kemacetan yang tertunda semisa jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP).

"LRT dan MRT cepat harus dituntaskan. Karena kita ketok palu fase 2 kita akan lihat. Ikat pinggang Jakarta ini ada Bekasi dan Depok. Ini yang bikin pagi sore pulang kerja macet. Lalu bagaimana nanti apa ERP diadakan lagi," pungkasnya.

Ia juga tengah menyiapkan sebuah aplikasi untuk pengaduan masyarakat yang akan dikelola oleh anggota Fraksi PDIP bernama Klu.

"Sekarang ada aplikasi join Klu. Semua informasi masyarakat yang tidak tercover akan saya awasi supaya pembangunan Jakarta bisa lebih baik," pungkasnya.

Dalam acara pelantikan ketua dan wakil ketua DPRD DKI itu, selain pelantikan ketua DPRD DKI untuk periode 2019-2024, juga para wakil. Mereka adalah M Taufik (Partai Gerindra), Abdurrahman Suhaimi (PKS), Misran Samsuri (Partai Demokrat), dan Zita Anjani (PAN) yang akan menjadi wakil ketua DPRD DKI. (Put/A-3)

BERITA TERKAIT