14 October 2019, 14:08 WIB

Menristekdikti Targetkan IPB dan Unair Masuk PT Kelas Dunia


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

MI/Depi Gunawan
 MI/Depi Gunawan
Menristekdikti  Mohamad Nasir targetkan dua PTN lagi yakni IPB dan Universitas Airlangga masuk dalam universitas kelas dunia.

MENTERI Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan beberapa target yang belum tercapai yakni mendorong empat perguruan tinggi Indonesia masuk ke kelas dunia.

"Target kami empat, tapi sampai sekarang masih belum tercapai, baru tiga (UI, ITB, UGM) yang satu (IPB) masih belum," ungkapnya di Jakarta, Senin (14/10).

Jika dilihat berdasarkan subjek, sebenarnya sudah ada lima kampus di Indonesia yang masuk kelas dunia. Ia mencontohkan program studi Pertanian dan Kehutanan IPB yang masuk urutan 70 dunia. Sedangkan program studi Kedokteran Unair sudah masuk urutan 102 dunia.

"Artinya apa, kita sudah bagus. Tapi problemnya kita kan institusi, nah ini yang kita belum. Oleh karena itu yang tiga (UI, ITB, UGM) sudah mantap. Yang dua (IPB dan Universitas Airlangga/Unair) kita dorong untuk bisa masuk kelas dunia," imbuh Nasir.

Pada pemaparan Menristekdikti dalam acara monitoring dan evaluasi triwulan III 2019, alokasi anggaran Kementerian pada Januari 2019 mencapai Rp41,264 triliun. Alokasi anggaran per 10 Oktober 2019 mencapai Rp45,671 triliun. Sedangkan realisasi anggaran Kemenristekdikti mencapai 65,51% dari dana yang dialokasikan pemerintah, yakni sebesar Rp29,918 triliun.

baca juga: Fosil Dinosaurus Thailand Ditemukan

Alokasi anggaran pada awal 2019,Kemenristekdikti Rp41,264 triliun dan alokasi per 1 Oktober setelah adanya beberapa tambahan menjadi Rp45,671 triliun. Kemenristekdikti termasuk lima besar mendapatkan alokasi anggaran pemerintah. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT