14 October 2019, 08:45 WIB

LRT Cibubur-Cawang Siap Beroperasi pada 2021


Ata/Ins/ X-7 | Megapolitan

Tim Riset MI/L-1/Seno
 Tim Riset MI/L-1/Seno
Kereta Ringan (LRT)

PEMERINTAH menargetkan lintas rel terpadu (light rail transit/LRT) Jabodebek lintas pelayanan Harjamukti (Cibubur)-Cawang sudah bisa beroperasi pada 2021. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung prosesi pengangkatan kereta LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur, bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar ­Pandjaitan, kemarin.

Meski demikian, secara ­terpisah, pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, meminta pemerintah tak perlu terburu-buru mengoperasikan LRT. Pasalnya, lintasan sepanjang 14,95 km yang sudah selesai secara konstruksi itu belum dilengkapi fasilitas sinyal, telekomunikasi, dan listrik.

“Ditambah lagi, pekerjaan ­konstruksi bangunan stasiun belum mencapai 50%. Di samping itu, jalan akses ke stasiun, fasilitas transportasi umum lanjutan, dan lahan parkir bagi kendaraan bermotor serta tidak bermotor belum tampak sama sekali,” imbuh Djoko.

Menhub Budi Karya mengatakan pihaknya akan menyelesaikan tes sarana dan konstruksi secara bersamaan. Diharapkan, kegiatan ­opersasionalnya mulai 2021.

“Uji coba LRT akan dilakukan bertahap dan detail selama satu tahun ke depan untuk total 31 kereta yang ada. Tarifnya nanti Rp12.000 dari Cibubur ke Dukuh Atas. Itu sudah disubsidi 50% karena harga komersialnya Rp25.000,” tambah Budi.

Pada kesempatan yang sama, Menko Kemaritimam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan teknologi yang ada di LRT Jabodebek itu lebih canggih daripada MRT karena menggunakan generasi ketiga.

“Pekerjaan yang panjang kita lakukan sudah mulai kelihatan buahnya. Pertama, lebih dari 60%  kontennya lokal. Kereta apinya semua buatan Lembaga Elektronika  Nasional (LEN) dan PT Industri Kereta Api (Inka) Persero atau dalam negeri. Ini hal luar biasa untuk anak Indonesia,” ungkap Luhut.

Total 31 rangkaian yang dimaksud Budi ialah satu rangkaian LRT telah dikirim PT Inka pada 8 Oktober 2019. Tahap selanjutnya akan dilakukan tes dinamis yang dijadwalkan mulai 18 Oktober 2019 dengan item tes meliputi traction system test, low speed test, high speed test, traction performance test, dan passenger information display (PID) system test. (Ata/Ins/ X-7)

 

BERITA TERKAIT