13 October 2019, 21:10 WIB

Jalur Pendakian dan Perkebunan Gunung Cikuray Garut Terbakar


Kristiadi | Nusantara

MI/BRIAN B HENDRO
 MI/BRIAN B HENDRO
Pemandangan matahari terbit di puncak Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat.

JALUR pendakian menuju gunung tertinggi di Kabupaten Garut, Gunung Cikuray, mengalami kebakaran. Kebakaran itu tidak hanya melanda di jalur pendakian, tetapi juga perkebunan di sekitar lokasi. Hingga sekarang ini, proses pemadaman sedang dilakukan tim gabungan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, kebakaran lahan di Gunung Cikuray di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, terjadi sejak Minggu (13/10) sore sekitar pukul 17.10 WIB.

Ia mengatakan, untuk sekarang ini pihaknya masih terus dilakukan upaya pemadaman agar tidak menjalar ke lahan lainnya. Berdasarkan laporan yang diterima, jalur pendakian dan perkebunan di sekitar Gunung Cikuray mengalami kebakaran, meskipun jarak ke perkampungan warga sekitar 5 kilometer.

"Proses pemadaman sedang dilakukan hingga malam ini, meski posisi kebakaran tersebut itu terus meluas karena angin berhembus cukup kencang sehingga para petugas mengalami kesulitan untuk memadamkan api termasuk akses menuju lokasi juga cukup sulit," katanya di Garut, Minggu (13/10).


Baca juga: Puting Beliung Rusak Enam Rumah Warga Desa Mandailing Natal


Tubagus mengatakan, proses pemadaman di Gunung Cikuray ini tengah dilakukan bersama Dinas Pemadam Kebakaran dibantu polisi, TNI, dan warga, serta para petugas Gunung Cikuray. Kebakaran Gunung Cikuray yang terjadi sejak sore diketahui oleh warga dari jarak pandang cukup jauh, hingga mereka baru melaporkan kejadian tersebut.

"Gunung Cikuray yang terbakar itu diperkirakan dari alang-alang, rumput, dan ranting pohon yang telah mengering. Akan tetapi, untuk saat ini tim gabungan juga tetap berupaya menuju lokasi karena tadi saya menerima informasi dari Muspika Bayongbong menurunkan tim ke lokasi kebakaran guna memadamkan kobaran api, karena khawatir merembet ke permukiman warga," ujarnya.

Sementara itu, petugas Damkar Garut, Wawan, mengungkapkan, tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, masyarakat, relawan dan para petugas Gunung Cikuray untuk sekarang masih dalam perjalanan menuju titik lokasi kebakaran dan sekarang ini api masih terus menyala. Untuk pemadaman api berada di jalur pendakian Gunung Cikuray, tentu membutuhkan waktu.

"Kami bersama tim gabungan masih berupaya untuk memadamkan kobaran api, tetapi untuk menuju lokasi itu memang medan cukup berat dan peralatan yang dibawa petugas berupa air hingga peralatan lainnya. Mudah-mudahan api tidak menjalar ke lokasi lainnya, meski lokasi yang terbakar paling banyak alang-alang dan rumput serta pohon ranting kondisi mengering ditambah angin cukup kencang," tuturnya. (OL-1)  

 

BERITA TERKAIT