13 October 2019, 16:35 WIB

Transjakarta Siapkan 10 Tempat Parkir Sepeda Dekat Halte


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Tempat parkir sepeda di DKI tak luput dari aksi vandalisme.

KEPALA Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan survei mengenai 10 lokasi tempat parkir sepeda di dekat halte busway.

"Kami sedang pilihkan lokasi terbaik yang memudahkan pengguna sepeda tetap dapat menggunakan transportasi umum dengan membawa sepeda," ujar Nadia di Jakarta, Minggu (13/10).

Kemudian, Nadia menuturkan pihaknya perlu mempelajari tinjauan desain untuk memastikan letak rak sepeda dalam bus agar tidak menghalangi dan mengganggu pengemudi. Tidak hanya mementingkan pengemudi, aspek kenyamanan bagi penumpang juga turut diperhatikan oleh Transjakarta.

Penyediaan parkir sepeda, diakui Nadia, sebagai salah satu upaya mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong masyarakat agar menggunakan sepeda dan menurunkan polusi udara.


Baca juga: Pengamat Sebut Jalur LRT Jabodebek belum Siap Beroperasi


Sementara itu, secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, menegaskan pelanggaran jalur sepeda akan dikenakan sanksi sesuai hukum yang berlaku sejak 20 November 2019 mendatang.

"Tanggal 19 November 2019 kan uji coba berakhir, 20 November diterapkan," terang Syafrin.

Untuk sanksi yang akan diberikan, kata Syafrin, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 284. Terhadap pelanggaran lalu akan dikenakan sanksi tindak pidana ringan berupa pidana dua bulan atau denda maksimal Rp500 ribu. (OL-1)

BERITA TERKAIT