13 October 2019, 16:15 WIB

Menhub Pastikan Transportasi Udara di Wamena Kembali Normal


Faustinus Nua | Nusantara

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri) bersama pemimpin daerah Papua dan Papua Barat menggalang dana untuk pemulihan Wamena di Jakarta. 

PASCAKONFLIK di Wamena, Papua, beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa sistem transportasi. khususnya transportasi udara, di wilayah tersebut akan kembali normal dalam waktu dekat.

"Kalau Wamena mestinya nggak sampai satu minggu ini sudah normal, karena saya pikir sudah aman," kata dia di sela-sela rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Papua dan sejumlah Pemerintah Kabupaten Papua Barat di Jakarta, Minggu (13/10).

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa penerbangan reguler dari dan ke Wamena. Akan tetapi hal tersebut belum efektif atau normal seperti sebelum terjadi konflik.


Baca juga: Warga Desa Egon Gahar Mencari Sinyal di Atas Batu


Ia mengakui bahwa pihaknya sudah melakukan evaluasi terkait hal tersebut. Selain itu, dengan adanya laporan dari Polri dan TNI dipastikan dalam waktu satu minggu transportasi di Wamena akan kembali normal.

"Saya mendapat informasi baik Pak Kapolri maupun Pak Panglima (TNI) sudah relatif aman, segera akan dilaksanakan," tuturnya.

Pada kesempatan lain, Menhub bersama warga melakukan aksi solidaritas di Jakarta tadi pagi. Aksi tersebut berhasil menggalang dana sebesar Rp1,5 miliar untuk korban konflik di Wamena. (OL-1)

 

 

BERITA TERKAIT