13 October 2019, 09:20 WIB

Mendikbud Tutup Pekan Kebudayaan Nasional 2019


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

MI/Rifaldi Putra
 MI/Rifaldi Putra
Penutupan acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy resmi menutup Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019. Ia berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan rutin pada tahun-tahun mendatang.

"Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan kebudayaan nasional kita, insyaAllah akan kita selenggarakan tahunan, tiap tahun dan kita pastikan anggarannya ada," kata Muhadjir dalam pidato penutupan di Istana Olahraga (Istora) Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10) malam.

Dengan keberhasilan digelarnya kegiatan PKN 2019, ia juga berharap kegiatan ini dapat diikuti pada tingkat daerah.

"Saya berharap terutama para pimpinan daerah bapak wali kota, bapak bupati setelah kegiatan di tingkat nasional ini dapat diikuti dengan pkn di daerah-daerah masing masing," jelasnya.

Baca juga: Asyiknya Belajar Seni Kriya di PKN 2019

Selama sepekan PKN 2019 berlangsung, Kemendikbud mencatat 149.245 pengunjung hingga pukul 16.45 WIB Sabtu (12/10). Muhadjir juga mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih, yang telah ikut terlibat di dalam kegiatan PKN, tanpa sumbangan tanpa peran tanpa andil kalian semua, tentu saja kegiatan ini tidak akan berjalan seapik ini, seanggun ini dan sehebat ini," pungkasnya.

Adapun, acara penutupan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 diramaikan oleh pagelaran budaya-budaya Indonesia baik tradisional maupun kontemporer yang dilakukan oleh Swara Gambira, menampilkan tarian yang diiringi musik tradisional dan alunan lagu modern.

Sebanyak 28 taman budaya dari 34 provinsi dan 514 kabupaten serta kota meramaikan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan selama sepekan.(OL-5)

BERITA TERKAIT