13 October 2019, 05:30 WIB

Dalang Perempuan


Wan/M-3 | Weekend

ANTARA /ANIS EFIZUDIN
 ANTARA /ANIS EFIZUDIN
Dalang perempuan asal Purworejo Nyi Dwi Puspita Ningrum mementaskan pergelaran wayang kulit di Gandok Seni Pondok Tingal, Wanurejo, Magelang

SOBAT Medi, tahukah kamu kalau tugas dalang sama, seperti seorang sutradara, penulis lakon, narator, penyusun iringan, penyanyi, hingga penata pentas penari? Intinya dalang ialah seseorang yang mempunyai kemampuan ganda dan seorang manajer, paling tidak pemimpin dalam pertunjukan bagi para anggotanya, pesinden dan pengrawit.

Akan tetapi, pernahkah sobat melihat perempuan menjadi dalang? Ya pasti pemandangan itu sukar sekali dijumpai. Pasalnya, profesi dalang didominasi laki-laki. Namun, ada lo dalang perempuan, yakni Nyi Dwi Puspita Ningrum.

Dalang asal Purworejo, Jawa Tengah, ini mendapat kehormatan mementaskan wayang kulit di hadapan Presiden Joko Widodo di Alun-Alun Purworejo, Kamis (29/8/2019).

Ibu Dwi dari Sanggar Puspita Laras Desa Kemranggen, Kecamatan Bruno, itu membawakan lakon Gatotkaca Winisuda yang bercerita mengenai Raden Gatotkaca yang akan dinobatkan sebagai raja di Pringgodani.

Sama seperti dalang yang lain, bagi Ibu Dwi wayang merupakan sarana terbaik yang tidak hanya sebagai tontonan semata. Wayang memiliki tuntunan karena mengandung ajaran keteladanan dari tiap-tiap tokohnya dan pelajaran mengenai beberapa seni, dari seni musik, seni rupa, dan seni sastra. (Wan/M-3)

BERITA TERKAIT