12 October 2019, 12:46 WIB

Surya: Wiranto Sudah Berada Ruang Rawat Inap


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

MI/M Iqbal Al Machmudi
 MI/M Iqbal Al Machmudi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) usai menjenguk Wiranto

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan kondisi terkini Menteri Koordinator Polhukam Wiranto dua hari selepas insiden penusukan sudah mulai membaik dan tidak lagi dirawat di ICU. Wiranto sudah berada di ruang rawat inap.

"(Wiranto) sudah di kamar inap, tidak di ICU lagi," cetus Surya setelah menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10).

Menurutnya, penanganan terhadap Wiranto sudah sangat baik, karena bila penanganan Wiranto terlambat akan berdampak lain.

"Masalahnya memang cepat tepat pada waktunya. tidak terlambat. Kalau terlambat barang kali tidak perlu satu jam, setengah jam saja krisisnya masih berlanjut atau barang kali kita sudah kehilangan Pak Wiranto," ungkapnya.

Baca juga: Surya Sebut Wiranto Sudah Bisa Tertawa

Ketika dibesuk Surya, Wiranto merasa senang. Namun, Wiranto tidak sempat bercanda karena masih dalam masa pemulihan.

"Kalau dijenguk teman ya senang ya, ada semangat di sana. Kalau dia lelah barangkali ga sempat bercanda. Bercandanya kita sembuh mau duduk lagi mau ngobrol banyak. Perjalanan panjang. Kami berkenalan puluhan tahun bersama, tentu ini merupakan satu musibah tak dirasakan oleh dia saja, tapi juga dirasakan oleh sahabat-sahabatnya," ungkapnya.

Selain Surya, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad juga turut membesuk Wiranto menceritakan perkembangan fisik dari Purnawirawan tersebut.

"Tadi kita lama ngobrol dengan dokter dan juga dengan istrinya Ibu Rugaiya Usman Wiranto, beliau menceritakan proses yang sedang berjalan dan sekarang Bapak Wiranto dalam keadaan sadar. Sudah bisa ngobrol sudah bisa bilang hello," ungkap Fadel.

Namun, Fadel mengungkapkan bahwa Wiranto membutuhkan waktu pemulihan (recovery) yang cukup lama. Karena kondisi luka yang cukup serius.

"Tapi karena ususnya itu kan dalam pengerjaan operasi cukup panjang, maka time of recovery itu yang menurut dokter cukup panjang untuk recoverynya dan sekarang sudah dalam keadaan sadar, beliau harus banyak istirahat sampai recovery ini kembali dengan baik dan memang betul kalau malam tidur masih perlu diistirahatkan," tambahnya.

Fadel mengungkapkan bahwa Wiranto membutuhkan waktu pemulihan sekitar tiga minggu lamanya.

"Sudah tidak ada tindakan yang khusus hanya tinggal nunggu pemulihan. Insya Allah 2 sampai tiga minggu sudah baik. Doakan saja beliau maupun ibu juga pesan doa dari masyarakat supaya cepat pemulihan supaya segera kembali mengabdi kepada rakyat lagi," tandasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT