11 October 2019, 23:35 WIB

Bekasi Kebut Normalisasi Saluran


MI | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
Pembersihan gorong-gorong

PEMERINTAH Kota Bekasi kebut pengerjaan normalisasi beberapa saluran menjelang musim hujan tiba. Selain tim pematusan, alat berat pun diturunkan untuk membersihkan sedimentasi yang mulai keras. "Ada sedikitnya sembilan saluran besar yang sedang kita kebut untuk dinormalisasi, selebihnya saluran di perumahan warga," ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air, Yudianto, kemarin.

Yudi menyampaikan, sembilan saluran besar yang sedang dikebut, ialah Kali Siluman, Kali Pete, Kali Cakung, Kali Bojong Rangkong, Kali Blencong, Kali Sasak Jarang, Kali Baru, Kali Kayuringin, dan Kali Narogong. Kali tersebut dianggap memilki sedimentasi yang cukup tebal sehingga membutuhkan alat berat untuk mengangkut sedimentasi.

Selain itu, kata dia, 30 personel tim pematusan pun dibagi menjadi tiga tim. Hal ini untuk mempercepat pengerjaan normalisasi.

"Sebetulnya sudah jauh-jauh hari kami kerjakan, tapi karena sudah mulai masuk musim hujan, jadi dipercepat," kata Yudi.

Yudi mengaku, untuk normalisasi satu saluran memang dibutuhkan waktu yang relatif lama. Apalagi, saluran tersebut sudah puluhan tahun tak dinormalisasi.

Seperti Kali Siluman, lanjut dia, pihaknya butuh waktu lama lantaran kali tersebut belum dinormalisasi sejak awal. "Itu kan sudah ada sejak 1980-an, tadinya area persawahan, jadi memang tim pematusan butuh waktu lantaran sedimentasinya sudah tebal," jelas dia.

Kepala Dinas Bina Marga dan SDA, Arief Maulana, menambahkan, upaya normalisasi saluran itu agenda rutin tahunan. Pihaknya mulai pengerjaan biasanya sejak jauh-jauh hari sebelum musim hujan. (Gan/J-3)

BERITA TERKAIT