11 October 2019, 18:34 WIB

Kejaksaan RI Tingkatkan Koordinasi Antarnegara


Golda Eksa | Politik dan Hukum

MI/M. Irfan
 MI/M. Irfan
Jaksa Agung HM Prasetyo saat melantik pejabat di lingkungan Kejaksaan Agung

KORPS Adhyaksa berkomitmen untuk terus meningkatkan koordinasi antarnegara. Upaya itu dilakukan dalam rangka penegakan hukum lintas negara, seperti terorisme dan narkotika.

Hal itu dikemukakan Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri pada JAM Pembinaan Asep Nana Mulyana kepada Media Indonesia, di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (11/10).

"Dalam waktu dekat akan ada kunjungan ke Tiongkok, sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan Asean-Tiongkok yang sudah digagas oleh Jaksa Agung HM Prasetyo, beberapa waktu lalu," kata dia.

Menurutnya, upaya memperkuat hubungan antarnegara lantaran kawasan Asia Pasifik merupakan kawasan yang dinilai sangat strategis.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi Pengawalan TP4

Ia berharap kerja sama tersebut dapat menghasilkan satu pemahaman untuk sama-sama mengantisipasi ancaman kejahatan terhadap ketahanan ekonomi, keamanan, dan kedaulatan negara.

Selain tugas tersebut, Asep yang baru saja dilantik sebagai Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri pada JAM Pembinaan, menegaskan bahwa pimpinan Korps Adhyaksa juga menugaskan dirinya untuk fokus pada penegakan regulasi yang menyangkut kedudukan kejaksaan dalam konstitusi dan penguatan kelembagaan lainnya.

"Di samping itu juga kami akan melakukan berbagai progres, kegiatan yang mungkin melihat bagaimana RUU yang akan digarap oleh DPR RI. Kita juga akan berkontribusi besar, sehingga penegakan hukum akan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT