11 October 2019, 16:22 WIB

Prabowo Pastikan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin


Henri Siagian | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo, Jumat (11/10)

KETUA Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memastikan akan menghadiri pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober.

"MPR mau mengundang saya untuk hadir. Kalau namanya diundang, ya hadir," kata Prabowo seusai pertemuan sekitar satu jam dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (11/10).

Dalam pertemuan sekitar 1 jam tersebut, Presiden Jokowi memaparkan membicarakan sejumlah hal. Termasuk, tantangan perekonomian Indonesia di tengah krisis global.

"Kita perlu sebuah stabilitas keamanan politik dalam rangka memayungi agar tidak terpengaruh penurunan ekonomi global," jelas Jokowi.

Selain itu, sambung Presiden, mengenai rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur. "Kami sampaikan semua alasannya," kata Jokowi.

Prabowo mengaku mendukung gagasan pemindahan Ibu Kota. Dia kembali menegaskan komitmen untuk membantu pemerintahan .

"Siap membantu kalau dipeerlukan. Kalau tidak masuk kabinet, kami tetap loyal di luar sebagai check and balance, penyeimbang. Karena di Indonesia tidak ada koalisi. Kita Merah Putih di atas segala hal," kata Prabowo.

Rival Presiden Joko Widodo Jokowi saat Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 itu menegaskan, Partai Gerindra selalu mengutamakan kepentingan yang besar yakni bangsa dan negara. "Kita bertarung secara politik. Begitu selesai, kepentingan nasional yang utama. Kita harus bersatu."

Baca juga: Jokowi Bertemu Prabowo, Soal Gerindra Bergabung belum Final

Sikap dukungan tersebut, lanjut Prabowo, sudah dia sampaikan saat pertemuan di Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta pada Sabtu (13/7). "Kami akan beri gagasan yang optimistis. Kami yakin Indonesia akan tumbuh dobel digit, bisa tumbuh cepat." (X-15)

BERITA TERKAIT