11 October 2019, 15:24 WIB

NasDem Incar Pimpin Komisi Infrastruktur dan Energi di DPR


Antara | Politik dan Hukum

MI/Taufan SP Bustan
 MI/Taufan SP Bustan
Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Ahmad HI M Ali

KETUA Fraksi Partai NasDem DPR RI Ahmad HI M Ali mengatakan jika pembagian kursi pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan dilakukan secara proporsional perolehan suara partai, fraksinya akan memperoleh dua kursi ketua dan tujuh kursi wakil ketua.    

"Kalau mau pembagian proporsional secara terbuka, ayo semua duduk bersama-sama, hitung-hitungannya Fraksi NasDem memperoleh dua ketua dan tujuh wakil ketua komisi," kata Ahmad Ali di Jakarta, Jumat (11/10).        

Dia juga mengatakan, sebagai pendukung pemerintah Partai NasDem ingin mengawal program-program pemerintah salah satunya bidang infrastruktur. Oleh karena itu, menurut dia, Fraksi NasDem DPR RI berkepentingan menduduki kursi ketua Komisi V DPR yang salah satunya membidangi infrastruktur.      

"Selain itu, sekarang yang sedang ramai adalah masalah mineral dan batu bara, lingkungan yang menjadi sorotan dunia. NasDem berkeinginan untuk berkontribusi sehingga saya berharap NasDem bisa di Komisi VII," ujarnya.    

Baca juga: Pimpinan AKD Diprediksi Tuntas seusai Penunjukan Menteri

Selain itu, menurut dia, idealnya persoalan AKD diatur secara proporsional, sehingga Fraksi PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019, akan lebih banyak memperoleh kursi pimpinan AKD.        

Dia menjelaskan prinsip proporsional yaitu berdasarkan perolehan kursi parpol di Pemilu 2019 dan sesama fraksi di DPR sebaiknya tidak ada oposisi karena dalam satu rumah punya tanggung jawab dan cita-cita untuk mewujudkan visi DPR.    

Dia mengatakan, Fraksi NasDem melihat tidak perlu ada pengelompokan partai pemerintah dan nonpemerintah, karena sejatinya di DPR tidak ada oposisi, namun yang ada adalah antara partai politik dan pemerintah. (X-15)

BERITA TERKAIT