11 October 2019, 11:20 WIB

Naomi Osaka Siap Bela Jepang di Olimpiade 2020


Deri Dahuri | Olahraga

AFP/Noel Celis
 AFP/Noel Celis
Naomi Osaka berpose dengan trofi juara setelah mengalahka Ashleigh Barty dari Australia pada final Tiongkok Terbukan 2019 pekan lalu.

PETENIS Osaka Naomi, kini berada di peringkat tiga dunia tenis putri, telah memutuskan untuk mewakili Jepang di Olimpiade 2020. Ia telah menyatakan dirinya menanggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS)-nya.

Terkait keputusannya untuk memilih menjadi warga negara Jepang, Osaka telah mengatakan hal tersebut kepada kantor berita Jepang, NHK, Kamis (10/10).

“Rasanya istimewa untuk mencoba bertanding di Olimpiade dan mewakili Jepang,” ucap petenis berusia 21 tahun tersebut

“Perasaan saya bakal tercurah dengan baik ketika saya bertanding demi kebanggaan negara,” kata petenis dua gelar juara grand slam, Australia Terbuka 2019 dan AS Terbuka 2018.

Osaka lahir di Jepang dari seorang ibu berkewarganegaraan Jepang, Tamaki Osaka, dan ayah asal Haiti,  Leonard François,  yang besar di AS. Kini ia memiliki kewarganegaraan ganda, AS dan Jepang.

Namun, hukum Jepang mengharuskan seseorang memilih satu saja kewarganegaraan ketika menginjak usia 22 tahun. Osaka bakal merayakan hari jadinya yang ke-22 pada 16 Oktober mendatang. Bersamaan dengan ulang tahunnya yang ke-22, dia mesti memutuskan dan pilihan telah dijatuhkannya pada Jepang.

Osaka kini tinggal di AS. Belum jelas hingga kini apakah ia kemudian akan menetap dan berlatih di Jepang.

Pada Agustus 2019 lalu, Osaka tersingkir dari US Open di babak 16 besar sehingga tak lagi berada di puncak peringkat dunia.

Namun setelah itu Osaka kembali merangkak ke atas dengan memenangkan antara lain Pan Pacific Open di Osaka, dan mengalahkan pemain unggulan pertana di final Tiongkok Terbuka 2019. Kini Osaka menempati di peringkat tiga dunia. (NHK/OL-09)

BERITA TERKAIT