11 October 2019, 11:00 WIB

Demi James, Pendukung Tiongkok Lupakan Perselisihan dengan NBA


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/HECTOR RETAMAL
 AFP/HECTOR RETAMAL
Bintang Los Angeles Lakers LeBron James (kanan) melepaskan tembakan dalam laga pramusim melawan Brooklyn Nets di Tiongkok

SELAMA dua jam pada Kamis (10/10) malam, penggemar Tiongkok dan bintang bola basket Amerika Serikat (AS) menghentikan sementara peselisihan antara kedua negara.

Berbeda jauh dari perang kata-kata terkait dukungan seorang eksekutif NBA terhadap aksi demokrasi Hong Kong, para pendukung Tiongkok memadati Shanghai Arena yang berkapasitas 18 ribu tempat duduk untuk menonton aksi para bintang NBA.

Laga eksebisi antara Los Angeles Lakers dan Brooklyn Nets membuktikan bahwa akan sulit menguncang kecintaan para pendukung Tiongkok terhadap NBA.

Ribuan orang datang mengenakan jersey Lakers bernomor punggung 23 dengan nama LeBron James di bagian belakang.

Baca juga: Rockets Kalahkan Raptors di Jepang

Sebelumnya, sempat ada kekhawatiran laga ekssebisi itu akan dibatalkan karena perselisihan antara pemimpin Tiongkok dengan NBA.

Namun, para penonton Tiongkok bisa menyaksikan dunk, pass, dan tembakan tiga angka dari para pemain pujaan mereka.

"Saya benar-benar khawatir dan tidak bisa tidur kemarin malam. Saya khawatir laga ini akan dibatalkan," ujar Cai Zhicong yang mengaku sangat mengidolai James.

"Saya telah lama membayangkan dirinya seperti apa. Saya tidak sabar melihat aksinya," imbuh pria berusia 27 tahun itu.

Perselisihan antara NBA dan pemerintah Tiongkok diawali oleh cicitan General Manager Houston Rockets Daryl Morey yang menyatakan dukungan kepada demonstran prodemokrasi Hong Kong. Aksi itu memancing kemarahan pemerintah Tiongkok. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT