11 October 2019, 03:30 WIB

Tiga Calon Ketum PSSI Dicoret


(Faj/R-2) | Olahraga

(pssi.org)
 (pssi.org)
Logo PSSI. 

KOMITE Pemilihan (KP) telah merampingkan bakal calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023 dengan mencoret tiga nama dari 11 orang yang mendaftar.

Dari 11 pendaftar yang diterima KP pekan lalu, ada 3 nama yang ditolak, yaitu CEO Nine Sports Arif Putra Wicaksono, Sarman, dan Yesayas Oktavianus. Ketiganya dibolehkan mengajukan banding.

Adapun nama-nama yang bertahan ialah Aven S Hinelo, Benny Erwin, Brigjen (Purn) Benhard Limbong, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, Komjen M Iriawan.

Selain itu, ada politikus Partai Gerindra Fary Djemi Francis, Chairman Klub Sepak Bola Brisbane Roar Rahim Soekasah, dan pengusaha Vijaya Fitriyasa.

Ketua KP Syarif Bastaman tidak memerinci alasan ditolaknya ketiga nama itu. Ia hanya mengatakan nama-nama tersebut tidak memenuhi syarat berkecimpung minimal lima tahun di kancah sepak bola Indonesia yang terdaftar sebagai anggota PSSI.

"Umumnya yang tak memenuhi syarat, mungkin ada terlibat di PSSI, tapi acara yang sifatnya insidental, seperti panitia pertandingan yang dijumlahkan hanya beberapa bulan. Ada juga aktif di sepak bola, tapi aktifnya perusahaan. Harusnya lima tahun aktif di pengurus member (anggota) PSSI," kata Syarif di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, kemarin.

Syarif mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada tiga nama yang ditolak itu untuk mengajukan banding hingga 16 Oktober mendatang ke Komite Banding Pemilihan (KBP).

Setelah itu, jika banding diterima atau ditolak, pihaknya akan menetapkan daftar calon tetap pada 19 Oktober mendatang.

Sementara itu, CEO Nine Sports Arif Putra Wicaksono segera mengajukan banding ke KBP.

"Saya sudah berkegiatan di sepak bola dari tahun 2013, berkas surat sudah saya lengkapi, pastinya besok (hari ini) saya ke PSSI untuk menindaklanjuti keputusan itu," kata Arif saat dihubungi, kemarin. (Faj/R-2)

BERITA TERKAIT