11 October 2019, 01:00 WIB

Kamila Beri Warna Baru


Suryani Wandari Putri | Hiburan

youtube
 youtube
Grup band KAMILA

GENRE pop elektronik berhasil menyatukan tiga pemain biola perempuan, yaitu Ava Victoria, Ana Achjuman, dan Mia Ismia Halida, ke dalam sebuah grup musik bernama Kamila. Walaupun sudah mengeluarkan delapan single secara digital, Kamila baru merilis album perdananya di tahun ini.

"Kami ingin juga berkarya dan didengarkan orang sehigga kami buat album bertajuk Kamila ini," kata Mia saat peluncuran album perdana Kamila di Jakarta, Senin (5/10).

Berstatus sebagai grup musik pendatang baru, wajah ketiganya sebenarnya sudah tak asing lagi dalam dalam dunia musik Indonesia. Ava Victoria dan Ana Achjuman sudah lama dikenal sebagai pemain biola profesional yang kerap tampil di berbagai acara musik bersama Magenta Orkestra, Erwin Gutawa Orchestra, Dian HP, juga Aminoto Kosin.

Adapun Mia Ismia Halida ialah penyanyi, pemain biola, penulis lagu, vocal director, dan vocal coach di Universitas Indonesia yang juga menyandang gelar sebagai 1st Runner Up Putri Batik 2011, None Jakarta Pusat, dan Duta Smesco 2014.

Album perdana mereka berisi delapan lagu karya orisinal yang ditulis langsung oleh personel Kamila dengan lirik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Lirik-liriknya terilhami kisah cinta dan pengalaman orang-orang di sekitar mereka.

Meski suara biolanya tak menonjol, musik mereka sangat ringan diterima telinga masyarakat Indonesia, terlebih mereka menghadirkan pula pembagian suara yang apik. "Kami tidak ingin suara biolanya ini justru terkesan dipaksa-paksain hadir. Jadi, kami perkuat di lagunya," beber Mia.

Lagu berjudul Prison of Love menjadi single pertama yang diangkat Kamila di album ini. Ana sang penulis lagu mengungkapkan single ini bercerita tentang perempuan yang sangat mencintai pasangannya hingga seolah ingin memenjarakan cintanya.

 

Dari mimpi

Sudah sejak 2015 sebenarnya mereka cukup aktif bermuik dengan telah merilis 8 single secara digltal, yang terdiri atas dua lagu cover dan 6 original song yang berkolaborasi dengan beberapa musisi lainnya, seperti Glenn Fredly, Tompi, Oddie Agam dan Javi, Reza Hernanza 'The Groove', serta Adhitya Marquee & Arya DTX, juga Bara Suara.

Saat ditanya mengapa grup tersebut dinamai Kamila, giliran Ava yang menjawab. "Nama Kamila diambil dari mimpiku, yang bersyukur dalam bahasa Arab memiliki arti kesempurnaan," kata Ava.

Selama tiga hari, Ava mengaku didatangi sosok perempuan bernama Kamila dalam mimpi. Hal itu berlangsung bersamaan dengan momen pencarian nama yang sesuai untuk grup mereka. "Akhirnya saya tidur dan ketemu sosok perempuan itu. Dia bilang namain Kamila, namain Kamila, namain Kamila," sambung dia.

Rupanya, nama Kamila yang berasal dari mimpi tersebut begitu membekas di benaknya. Tanpa basa-basi, Ava langsung menyampaikan nama tersebut kepada dua anggota lainnya, Ana dan Mia. Usulan nama itu lantas disetujui secara bersama-sama. "Akhirnya namanya Kamila, dan ternyata artinya juga bagus. Dalam bahasa Arab artinya kesempurnaan," sambung dia.

Mereka bersyukur mendapatkan banyak dukungan dari beberapa pihak hingga Kamila bisa makin eksis. Harapannya bahkan melambung, tidak hanya bisa dinikmati masyarakat Indonesia, tapi juga bisa diterima pasar musik luar negeri, mengingat Kamila telah mendapatkan kepercayaan untuk mengisi acara dalam beberapa ajang festival internasional. (H-2)

BERITA TERKAIT