10 October 2019, 22:00 WIB

Langkah Menentukan Tiga Singa


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP
 AFP
Pemain sepak bola Inggris sedang melakukan sesi latihan

PENAMPILAN dominan serta memiliki jajaran penyerang nan tajam menjadi jaminan skuad the Three Lions Inggris merebut tiket ke putaran final Piala Eropa 2020. Langkah menentukan itu dilakukan tim 'Tiga Singa' saat melawat ke Stadion Sinobo, Praha, markas Republik Ceko, dini hari WIB nanti.

Ini bentrok kedua di Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 setelah pada pertemuan pertama di Stadion Wembley, London, 'Tiga Singa' menang telak 5-0. Raheem Sterling mencetak trigol, ditambah sumbangan kapten Harry Kane dan gol bunuh diri Thomas Kalas.

Kini, tim asuhan Gareth Southgate itu datang dengan percaya diri seusai menyabet seluruh kemenangan di empat laga. Harry Kane dan kolega sukses menggasak Montenegro 5-1, Bulgaria 4-0, dan Kosovo 5-3.

Satu kemenangan lagi bakal membuat Inggris yang menampilkan pemain-pemain muda dipastikan tidak tergeser dari posisi dua besar klasemen. Itu sekaligus menyegel tiket ke putaran final ajang sepak bola tertinggi di 'Benua Biru' tahun depan.

Kendati tampil di kandang lawan, Inggris berpeluang mengendalikan permainan, ditunjang pula dengan lini depan produktif. Sudah 19 gol tercipta di empat pertandingan.

Soal opsi lini depan, Southgate memiliki pilihan berlimpah, dari Harry Kane, Callum Wilson, Marcus Rashford, hingga Tammy Abraham. Khusus bagi Tammy Abraham, jika diturunkan akan menjadi momentum untuk melanjutkan penampilan apik di klub dengan mengemas 8 gol di ajang Liga Primer musim ini.

Meski tengah onfire, Abraham sadar seniornya, Harry Kane, lebih berpeluang diplot sebagai ujung tombak. "Saya datang ke timnas untuk mencuri ilmu dari dia (Harry)," kilah Abraham seperti dilansir dari BBC.

Pemain Chelsea lain yang tengah mengilap dan berkesempat-an tampil dari menit pertama ialah Mason Mount. Gelandang berusia 20 tahun itu tampil apik dengan mencetak 4 gol dari 8 penampilan bersama the Blues.

Ia telah tampil dua kali bersama the Three Lions, tetapi keduanya dari bangku cadangan. Dengan penampilan impresif musim ini, Southgate tidak akan ragu menurunkannya sejak awal.

 

Kejar rekor Daei

Di laga Grup B, penyerang sekaligus kapten Portugal Cristiano Ronaldo berkesempatan mengejar rekor sebagai pencetak gol terbanyak saat berseragam timnas. Kesempatan terbuka karena lawan yang dihadapi ialah Luksemburg dan laga dilangsungkan di kandang sendiri, Stadion Jose Alvalade, Lisabon.

Saat ini pemain Juventus itu telah mengoleksi 93 gol bersama timnas Portugal. CR-7 itu hanya kalah dari pemain timnas Iran Ali Daei yang mengoleksi 109 gol.

Pelatih Portugal Fernando Santos bakal mengandalkan duet Ronaldo dan wonderkid Joao Felix untuk membombardir pertahanan tim tamu.

Sebaliknya, kekalahan di tiga laga terakhir membuat Luksemburg bakal sulit membendung permainan menyerang Portugal, kampiun Eropa 2016. Portugal membutuhkan kemenangan untuk memangkas jarak dengan penguasa klasemen sementara Grup B yang ditempati Ukraina. (bbc/AFP/R-2)

BERITA TERKAIT