10 October 2019, 19:30 WIB

Olga Tokarczuk dan Peter Handke Raih Nobel Sastra


adiyanto | Internasional

Beata ZAWREL and BARBARA GINDL / AFP
 Beata ZAWREL and BARBARA GINDL / AFP
Olga Tokarczuk dan Peter Handke


PENULIS Polandia Olga Tokarczuk meraih Nobel Sastra 2018. Sedangkan novelis Austria Peter Handke meraih anugerah yang sama untuk tahun ini.

Dua nobel tersebut diberikan sekaligus pada Kamis (10/10) di Swedia, karena tahun lalu kategori ini ditiadakan lantaran skandal perundungan seksual yang melibatkan orang dekat panitia.

Tokarczuk, yang diyakini sebagai penulis berbakat di negerinya, meraih anugerah Nobel Sastra 2018 untuk imajinasi naratif yang dengan antusias menembus batas kehidupan. Buku-bukunya menggambarkan dunia polikromatik yang terus-menerus bergerak, dengan ciri-ciri karakter berbaur, dan bahasa yang tepat dan puitis.

Tokarczuk menjadi penulis perempuan ke-15 dari 116 orang yang pernah meraih penghargaan ini sejak 1901.

Sedangkan Nobel Sastra 2019 diraih Peter Handke yang menghadirkan lanskap kehidupan masa kini di karya-karyanya. Dia menggunakan film dan seni lukis sebagai sumber inspirasi terbesar.

Lebih dari setengah abad, dia berhasil menghasilkan karya dari berbagai genre dan menjadi salah satu penulis Eropa berpengaruh setelah Perang Dunia kedua. "Karya Peter Handke sukses mempengaruhi ilmu linguistik dan mengeksplorasi berbagai pengalaman manusia," tutur Akademi Swedia, seperi dikutip AFP. (A-2)

 

BERITA TERKAIT