10 October 2019, 18:18 WIB

Stok Air Habis, Caritas Maumere Salurkan 287 Tangki Air Bersih


Alexander P. Taum | Nusantara

MI/Alexander P. Taum
 MI/Alexander P. Taum
Caritas Keuskupan Maumere salurkan air bersih di SIkka

KEMARAU berkepanjangan yang terjadi sejak Maret hingga Oktober 2019 di Dusun Magerobak, Desa Siu Sina, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menyebabkan persediaan air bersih warga di wilayah tersebut habis.

Sudah puluhan tahun, 200 kepala keluarga di dusun Magerobak terus mengeluhkan kekurangan air bersih, terutama di musim kemarau.

Tak hanya di Desa tersebut, sejumlah desa di sekitarpun turut kehabisan stok air bersih. Warga setempat mengandalkan air bersih yang ditampung dari air curahan hujan selama musim penghujan.

Caritas Keuskupan Maumere melalui Dana Aksi Puasa Pembanguan Nasional (APPN) Caritas Indonesia KWI, Kamis (10/10) memberi bantuan air bersih pada warga Desa Seu Sina,Dusun Magerobak, Kecamatan Kewapante, Paroki Renya Rosario Kewapante.

Maria Gonsali, warga dusun Magerobak ditemui Media Indonesia saat mengantri air bantuan Caritas Keuskupan Maumere, Kamis (10/10), menyampaikan sudah puluhan tahun belum ada jaringan air bersih masuk ke Desa Sio Sina.

Baca juga : 17 Paus Terdampar di Pesisir Pulau Sabu

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti masak, cuci dan mandi warga setempat mengandalkan air tadah hujan yang ditampung pada bak bak penampung.

"Air tadah hujan itupun kalau datang musim hujan, kalau air hujan habis kami membeli air tangki, 1 tangki kami membeli dengan harga Rp120 ribu," ungkapnya.

Kalau tidak mempunyai uang untuk membeli air tangka, warga desa tersebut harus berjalan kaki atau menyewa kendaraan untuk mengambil air sumur di Kewapante yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer.

Desa Seu Sina masuk dalam wilayah Paroki Renya Rosario Kewapante. Sedangkan pihak Caritas keuskupan Maumere mencatat, wilayah Paroki Kloanrotat, Paroki Bloro dan paroki Bolawolon pun mengalami krisis air bersih berkepanjangan.

Caritas Keuskupan Maumere melalui Dana Aksi Puasa Pembanguan Nasional (APPN) Caritas Indonesia KWI memberi bantuan air bersih pada warga Desa Seu Sina,Dusun Magerobak, Kecamatan Kewapante, Paroki Renya Rosario Kewapante.

Yuven Wangge koordinator program PFR Caritas Keuskupan Maumere, ditemui media indonesia, Kamis (10/10) siang, menjelaskan, 4 paroki tercatat mengalami kekurangan air bersih yakni paroki Kloanrotat, Paroki Kewapante, Paroki Bloro dan Paroki Bolawolon.

"kami sudah salurkan bantuan air bersih ke Paroki Bloro 18 tangki air kepada 75 kepala keluarga, paroki Bolawolon 35 tangki air bersih kepada 112 kepala keluarga, paroki Kewapante 159 tangki dan paroki Kloangrotat 73 tangki air bersih untuk 2 paroki saat pendropingan air bersih baru kita bisa mengetahui jumlah kepala keluarganya," ujarnya.

Sampai saat ini pihak Caritas Keuskupan Maumere sudah menyalurkan air minum bersih sebanyak 285 tangki untuk 187 kepala keluarga yang tersebar di beberapa paroki. (OL-7)

BERITA TERKAIT