09 October 2019, 12:00 WIB

Siswa SDN 03 Pluit Raya Selatan Dapat Kacamata Gratis


mediaindonesia.com | Megapolitan

Istimewa
 Istimewa
 Kegiatan sosial pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis di SDN 03 Pluit Raya Selatan, Jakarta Utara, pada Rabu (9/10).

PARA siswa menyambut dengan gembira dan antusias dalam kegiatan sosial pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis di Sekolah Dasar Negeri 03 Pluit Raya Selatan, Jakarta Utara, pada Rabu (9/10)

Kegiatan sosial yang membantu membantu anak-anak kurang mampu untuk dilakukan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis dilaksanakan organisasi sosial kemanusaiaan Lions Club.

Dalam sambutannya, District Governor Lions Club Indonesia 307 A-1, Anwar Budiman mengatakan pihaknya memiliki program kegiatan sosial membantu anak-anak kurang mampu untuk dilakukan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis.

"Jangan sampai karena masalah mata, prestasi pendidikan mereka tidak maksimal. Kan kasihan mereka sebagai generasi penerus bangsa," ujar Anwar.

Dalam progam 'Mataku Jendelaku' tersebut juga diadakan secara serentak di tiga wilayah Jakarta yakni utara, pusat, dan barat. Kebetulan pemeriksaan hari di wilayah Jakarta Barat, dan masih ada satu pekan agi di wilayah Barat.

Ia pun menilai kebiasaan generasi milenial yang tidak bisa dilepaskan dari gadget itu dapat mempengaruhi kesehatan mata anak-anak usia sekolah dasar (SD) dan sekolah menenghah pertama (SMP).

"Selain dampak dari penggunaan gadget, seiring pertumbuhan dan kehidupan ekonomi yang membaik, pola makan mempengaruhi kesehatan mata anak-anak," paparnya.

Sementara itu Ketua Komite Wilayah District 307 A-1, Edhi Darmawan mengatakan Lions Club menargetkan 10 ribu pemeriksaan mata kepada siswa sekolah dasar dari target 40 ribu mata hingga akhir tahun ini.

"Bila kedapatan siswa yang minus 10, pihaknya akan merujukan ke RS Jakarta Eye Center dalam bakti sosial ini," pungkasnya.

Dari pantauan redaksi, pemeriksaan mata tampak antusias diikuti oleh siswa dan guru- guru. Tak hanya pemeriksaan mata, anak-anak siswa yang telah diperiksa matanya juga diberikan  makanan ringan oleh panitia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 03 Pluit Raya Selatan, Safrinah merasa senang dan terbantu dengan adanya bakti sosial yang dilakukan pihak Lions Club.

Lanjutnya, SDN 03 sudah dua kali menerima kegiatan bakti sosial dari Lions Club. Kegiatan pertama dilaksankan pada 2016 dilaksaksanakan Lions Club cabang Pluit.

"Kami ini merasa bersyukur SDN 03 sudah dua kali menjadi tempat digelarnya pemeriksaan mata, kerena hampir separuhnya tahun lalu mendapatkan kacamata tidak hanya siswa para guru pun mendapatkan," ungkapnya.

Ketika ditanyakan apa yang melatarbelakangi sekolah ini mendapatkan bantuan sosial dari Lions Club, Safrinah mengatakan hampir 96% wali murid di sekolahnya berasal dari kalangan menengah ke bawah. (OL-09)

BERITA TERKAIT