10 October 2019, 16:20 WIB

Polisi Dalami Pelaku Penyerang Wiranto dengan JAD Cirebon-Sumut


Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki
 ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki
Menko Polhukam Wiranto digotong dari mobil menuju ruang UGD Menes Medical Center (MMC) sesaat setelah diserang di Alun-alun Menes.

KEPALA Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigdjen Dedi Prasetyo mengatakan Densus 88 masih mendalami keterlibatan pelaku penyerangan Wiranto bernama Syahril Alamsyah alias Abu Rara, dengan jaringan kelompok terorisme di Indonesia. Sebab, dia diketahui terpapar radikal ISIS.

"Diduga pelaku terpapar radikal ISIS. Nanti akan di dalami apakah pelaku terhubung dengan jaringan JAD Cirebon atau JAD Sumatra," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (10/10)

Di lokasi, pihak kepolisian juga menangkap seorang perempuan bernama Fitri Andriana. Keduanya dibawa ke Polres Pandeglang.

"Terduga pelaku diamankan di Polres Pandeglang dan masih proses pemeriksaan oleh Polres Pandeglang, Polda Banten, dan di-backup Densus 88," sebutnya.

Baca juga: Ini Pasangan Terduga Penyerang Wiranto

Penyerangan terjadi sekitar pukul 11.55 WIB Kamis siang, di pintu gerbang lapangan Alun-alun Menes, Desa Purwaraja, Menes, Pandeglang, Banten. Penyerangan terjadi saat Wiranto hendak meninggalkan helipad di lapangan Alun-alun.

"Diduga dua orang pelaku, membawa senjata tajam berbentuk pisau atau semacam gunting yang jelas sudah dieprsiapkan," terangnya.

Dia menjelaskan, kemudian pelaku melakukan penyerangan penusukan ke arah depan badan Wiranto dan mengenai bagian depan. Pada saat itu Kapolsek langsung coba mengamankan pelaku dan Kapolsek terkena tusukan tersebut.

"Saat ini pak wiranto dan kapolsek dalam proses perawatan di RS setempat," pungkasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT