10 October 2019, 16:30 WIB

Parkir Sepeda akan Hadir di Stasiun KRL, MRT & Halte TransJakarta


Putri Anisa Yuliani, Selamat Saragih | Megapolitan

  ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj/hp.
  ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj/hp.
LAHAN PARKIR DI STASIUN MRT LEBAK BULUS

DINAS Perhubungan DKI Jakarta berencana menyediakan parkir-parkir sepeda di tempat-tempat publik seperti stasiun kereta rel listrik (KRL) dan halte Trans-Jakarta. PT Transjakarta harus menyiapkan tempat penitipan sepeda.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan koordinasi sedang dilakukan antara Dishub DKI dengan PT KAI, khususnya manajeman di Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta.

"Agar nantinya di tiap stasiun disiapkan jalur sepedanya juga," ujar Syafrin di Balai Kota, Kamis (10/10).

Menurutnya, sangat penting untuk mendukung sepeda semakin digemari sebagai alat bertransportasi di kota besar seperti Jakarta. PT KAI Commuterline Indonesia (KCI) serta PT MRT Jakarta pun sudah melakukan dukungan itu dengan memperbolehkan sepeda lipat masuk ke kereta.

"Tinggal sekarang seiring dengan program Jakarta ramah bersepeda kita akan dorong untuk penyiapan parkir sepeda di stasiun," kata dia.

Baca juga: Anies Minta Gedung Swasta Siapkan Parkir Sepeda

Selain penyediaan parkir sepeda, Syafrin juga meminta dukungan adanya penandaan di stasiun atau halte.

"Kemudian ada pengarah mulai dari pintu itu misalnya sepedanya diletakkan di mana, ada posisinya, ada pengarah dari luar ke tempat parkir sepeda apakah itu marka ataupun rambu," tuturnya.

Sementara itu, PT MRT Jakarta juga tengah berproses menyediakan parkir sepeda di stasiun-stasiun MRT. Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan direncanakan ada 12 unit parkir sepeda yang terpasang di tujuh stasiun.

Parkir sepeda atau 'bike rack' itu di antaranya akan terdapat di Stasiun ASEAN, Stasiun Blok M, Stasiun Blok A, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Cipete Raya, Stasiun Fatmawati dan Stasiun Lebak Bulus. Satu unuti bike rack bisa menampung 10 unit sepeda.

"Dari tujuh stasiun tersebut, ada parkir sepeda yang kita bangun totalnya sebanyak 12 unit. Satu unit parkir sepeda, mampu menampung sekitar empat sepeda,” kata William.

Parkir sepeda ini dilengkapi penjaga namun PT MRT Jakarta tetap mewajibkan pemilik sepeda untuk mengunci sepedanya agar lebih aman.

Dia merinci di Stasiun Lebakbulus ada dua unit parkir sepeda, Stasiun Fatmawati ada satu unit, Stasiun Cipete Raya ada empat unit dan Stasiun Haji Nawi ada satu unit. Kemudian, Stasiun Blok A ada satu unit, Stasiun Blok M ada dua unit dan Stasiun ASEAN sebanyak satu unit parkir sepeda.(OL-5)

BERITA TERKAIT