10 October 2019, 13:21 WIB

Belva Aulia Bawa Suara Anak Surakarta ke Jerman


Ferdinand | Nusantara

MI/Ferdinand
 MI/Ferdinand
Wali Kota Surakarta FX Rudyatmo berbincang dengan BELVA Aulia Putri Ayu di ruang kerjanya, Kamis (10/10)

BELVA Aulia Putri Ayu,15, terpilih mewakili Indonesia untuk berbicara pada plenary session Konferensi Kota-Kota Layak Anak (Child Friendly Citie Summit/CFCS) di Cologne, Jerman. Di konferensi yang didukung UNICEF itu, siswa SMA Negeri 1 Surakarta tersebut akan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang forum anak dan kota layak anak. Utamanya terkait Kota Surakarta sebagai kota layak anak predikat utama.

Belva bersama sejumlah pendamping dari Forum Anak Surakarta (FAS) dan staf UNICEF berpamitan dengan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Kamis (10/10). Selain untuk berpamintan, Belva juga meminta wejangan kepada Rudy.

Rudy berpesan agar Belva menjaga nama baik bangsa dan menceritakan upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Surakarta terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak. Seperti program Kartu Ibu dan Anak, Sapu Kuwat (Satu Paket Urusan Kependudukan Warga Terpenuhi), dan tabungan anak.

"Ceritakan bahwa anak-anak di Solo sangat dipikirkan kehidupannya, bahkan sejak masih dalam kandungan," pesan Rudy.

Belva berjanji untuk menjaga amanat tersebut pada ajang refleksi 30 tahun konvensi hak anak itu. Sebagai tanda restu, Rudy mengalungkan scarft batik kepada Belva.

"Restu dari Pak Wali Kota menjadi kekuatan tersendiri bagi saya," kata Ketua FAS itu.

baca juga: PU-Pera Gandeng TNI AD Rehabilitasi Bangunan di Wamena

CFCS 2019 diikuti delegasi dari 88 negara. Selama empat hari, 14-18 Oktober mendatang mereka akan membicarakan berbagai isu terkait kota layak anak. Seperti kota inklusif, partisipatoris, aman, pemerintah lokal yang ramah anak, pembiayaan yang responsif anak, dan sebagainya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT