10 October 2019, 12:55 WIB

88 Pengungsi Diterbangkan Kembali ke Wamena


Antara | Nusantara

Antara
 Antara
Kondisi Kota Wamena kondusif. Pasar tradisional sudah beberapa hari ini beroperasi dengan banyaknya pedagang menjual hasil bumi. 

SEBANYAK 88 pengungsi, Kamis (10/10) diterbangkan kembali ke Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU. Dan Lanud Silas Papare, Marsekal Pertama TNI Tri Bowo mengakui puluhan pengungsi itu sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan yang selama ini ditampung di berbagai penampungan yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura.  

Sebelumnya, Rabu (9/10) sudah diterbangkan 87 pengungsi ke Wamena dari Lanud Silas Papare, Sentani.  Ketika ditanya apakah ada lagi pengungsi yang akan dipulangkan ke Wamena, Dan Lanud mengaku masih menunggu laporan dari paguyuban atau tempat penampungan dan warga.   

"Silakan datang ke base operasi dan mendaftar karena Lanud akan memfasilitasi pemulangan mereka ke Wamena," kata Marsma TNI Tri, Kamis (10/10) seraya menambahkan, saat ini Hercules yang stand by tinggal satu karena sudah kembali ke Makassar.    

Kepala Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) XVIII Jayapura Osman Marbun secara terpisah mengaku baru 44 dari 149 warga Sumatra Utara yang sudah kembali ke Wamena.

baca juga: Maluku Tengah dan Seram Bag Barat Perpanjang Tanggap Darurat

Sebaliknya sebanyak 238 orang akan dipulangkan ke Sumut dengan menggunakan kapal milik PT Pelni, Jumat (11/10). Pemprov Sumut sendiri memberikan bantuan kepada warga sebesar Rp1 juta per orang baik yang ditampung di GOR BPJN XVIII Tanah Hitam maupun Rindam XVII Cenderawasih, tambah Osman Marbun. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT