10 October 2019, 12:00 WIB

Tahun Ini akan Ada Dua Peraih Nobel Sastra


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Jonathan NACKSTRAND
 AFP/Jonathan NACKSTRAND
Sebuah gambar medali Nobel ditampilkan menjelang pengumuman pemenang hadiah Nobel.

AKADEMI Swedia akan memberikan dua penghargaan Nobel Sastra, Kamis (10/10), setelah menunda penghargaan tahun lalu akibat skandal pelecehan seks.

Sejumlah pakar mengatakan Akademi Swedia akan menghindari kontorversi pada tahun ini saat mereka berupaya menjauhkan diri dari skandal yang berujung pada suami salah satu anggota mereka dipenjara atas dakwaan pemerkosaan.

Menjelang pengumuman pada pukul 13.00 waktu setempat (18.00 WIB), satu untuk 2018 dan satu untuk 2019, sejumlah nama menjadi yang terdepan yaitu penyair Anne Carson dan novelis Margaret Atwood, keduanya dari Kanada, penulis Kenya Ngugi Wa Thiong'o, penulis dan aktivis Polandia Olga Tokarczuk, serta sastrawan Prancis Maryse Conde.

Baca juga: Pengembang Baterai Litium Raih Nobel Kimia

Satrawan di Stockholm juga menjagokan penyair dan novelis Rumania Mircea Cartarescu, penulis Polandia Hanna Kralla, penulis Antigua Jamaica Kincaid, penulis Korea Selatan Han Kang, dan penulis Amerika Serikat Joyce Carol Oates.

Berdiri sejak 1786, Akademi Swedia kini berjuang memperbaiki reputasi mereka pascaskandal yang mengungkapkan adanya persekongkolan, konflik, pelecehan, dan budaya pembungkaman di antara 18 anggota badan yang dipandang sebagai penjaga kebudayaan di negara itu.

Akibat skandal itu, Akademi Swedia yang bertugas memilih peraih Hadiah Nobel Sastra memutuskan menunda pemberian penghargaan pada 2018, penundaan pertama dalam tempo 70 tahun. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT