10 October 2019, 11:30 WIB

Van der Sar Sebut MU Terpuruk karena tidak Ada Pemain Berkarakter


Patrick Pinaria | Sepak Bola

AFP/EMMANUEL DUNAND
 AFP/EMMANUEL DUNAND
Edwin van der Sar

MANCHESTER United sedang terpuruk. Fakta itu terlihat ketika Red Devils tampil terseok-seok pada musim 2019--2020.

Tengok saja performa United di Liga Primer Inggris musim ini. Hingga pekan kedelapan, mereka baru mengoleksi sembilan poin dengan rincian dua kemenangan, tiga kali imbang, dan tiga kali kekalahan.

Performa kurang memuaskan juga ditunjukkan United di penyisihan grup Liga Europa. Mereka sejauh ini baru mengoleksi satu kemenangan dari dua laga.

Situasi sulit United ini lantas mendapat perhatian dari kiper legendaris Edwin van der Sar. Ia menilai tidak adanya pemain-pemain yang berkarakter kuat menjadi penyebab Setan Merah tampil terseok-seok pada musim ini.

Baca juga: Liverpool akan Jadi Penentu Nasib Solskjaer

"Saya berpikir kembali saat masih menjadi pemain United dan ketika saya datang di ruang ganti. Saat itu, kami memiliki Ryan Giggs, Paul Scholes, Rio Ferdinand, Gary Neville, dan Roy Keane. Jadi, saya berpikir ada pemain-pemain berkarakter kuat. Saya melihat selama beberapa tahun terakhir karakter kuat itu sudah menghilang dari United dan tidak bisa membuat perbedaan lagi," ujar Van der Sar.

"Saya bergabung ke sana delapan musim lalu. Saya menjalani enam musim luar biasa dalam karier saya, memenangkan empat gelar Liga Primer Inggris dan bermain tiga kali di final Liga Champions," sambungnya.

"Saat ini, United jauh dari posisi itu sekarang. Tentu saja, mereka sudah berganti manajer berulang kali saat dan tidak terlihat perkembangannya. Mereka hanya membeli barang setiap musim panas. Mereka membeli pemain muda, tidak berpengalaman dalam mencapai sesuatu, tidak suka membeli nama besar seperti yang dilakukan enam atau tujuh tahun terakhir," tutur Van der Sar.

Van Der Sar merupakan salah satu legenda United. Ia bergabung dengan Setan Merah pada musim 2005--2006.

Selama enam musim berseragam United, ia sukses mempersembahkan sepuluh gelar, di antaranya adalah empat gelar Liga Primer Inggris, satu gelar Piala Liga Inggris, tiga gelar Community Shield, satu gelar Liga Champions, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT