10 October 2019, 08:24 WIB

Serangan Turki di Suriah Tewaskan 15 Orang


Fajar Nugraha | Internasional

AFP/Delil SOULEIMAN
 AFP/Delil SOULEIMAN
Warga sipil menumpang pikap meninggalkan kota mereka yang dihantam serangan Turki

TURKI memulai serangan ke wilayah Suriah, Rabu (9/10) malam waktu setempat. Dikabarkan 15 orang tewas dalam serangan ini.

Laporan mengatakan setidaknya delapan dari 15 yang tewas di wilayah yang dikuasai Kurdi di wilayah timur laut Suriah adalah warga sipil.

Kantor berita AFP melaporkan bahwa organisasi Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) telah mengatakan setidaknya dua korban sipil tewas dalam serangan artileri di kota Qamishli.

“Serangan dari pihak Turki mencakup sejumlah kecil serangan udara dan sebagian besar tembakan artileri,” laporan AFP, Kamis, 10 Oktober 2019.

“Adapun serangan militer ini dilakukan dari sebagian besar perbatasannya dengan wilayah-wilayah Suriah yang dikuasai Kurdi,” imbuh laporan tersebut.

Baca juga: Turki Mulai Hantam Kurdi di Suriah

Mengutip SOHR, AFP mengatakan lebih dari 40 orang telah terluka dalam pengeboman sejauh ini.

Sementara ribuan orang telah meninggalkan Kota Ras Al Ain di Suriah menuju Provinsi Hasaka, yang dikuasai Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi.

Pada sisi Turki, dari perbatasan tampak ledakan menghantam kota Tel Abyad di Suriah. Setelah gelap, suar roket merah dapat terlihat ditembakkan melintasi perbatasan ke Tel Abyad, dan api membakar di dekat kota.

Seorang saksi yang dihubungi melalui telepon mengatakan warga sipil melarikan diri secara massal.

Menurut laporan jurnalis CNN Turk, ledakan juga mengguncang Ras al Ain, tepat di seberang perbatasan dari kota Turki Ceylanpinar. Suara pesawat tempur dapat terdengar di atas dan asap tampak dari bangunan di Ras al Ain. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT