10 October 2019, 07:01 WIB

Andres Gimeno, Jawara Tertua Prancis Terbuka, Tutup Usia


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/STR
 AFP/STR
Andres Gimeno

ANDRES Gimeno, petenis putra tertua yang berhasil menjadi juara di Prancis Terbuka, tutup usia di usia 82 tahun. Hal itu dilansir Federasi Tenis Spanyol (RFET), Rabu (9/10).

Prestasi tertinggi Gimeno adalah menjadi juara di Roland Garros di usia 32 tabun pada 1972. Namun, dia juga berhasil mencapai final Australia Terbuka pada 1969 dan semifinal Wimbledon pada 1970.

"Salah satu figur penting dalam tenis Spanyol, Andres Gimeno, meninggal dunia pada Rabu (9/10) di Barcelona di usia 82 tahun karena penyakit yang lama dideritanya," ungkap RFET dalam keterangan resmi mereka.

"Federasi Tenis Spanyol mengungkapkan dukacita untuk keluarga dan kerabatnya," imbuh RFET.

Baca juga: Gauff Melaju ke Perempat Final WTA Pertamanya

Petenis peringkat dua dunia Rafael Nadal yang berhasil 12 kali menjadi juara di Prancis Terbuka mencicit bahwa Gimeno adalah pionir di olahraga Spanyol.

"Saya baru saja mendengar berita duka mengenai kematian #AndresGimeno," cicit Nadal. "Tidak bisa disangkal dia adalah salah satu pionir di tenis Spanyol. Dia juga merupakan seorang atlet hebat. Dukacita sebesar-besarnya untuk keluarganya."

Sepanjang kariernya, Gimeno memenangkan 44 gelar. Dia membela timnas Spanyol di ajang Piala Davis antara 1958 dan 1960 serta dari 1972 hingga 1973.

Gimeno masuk dalam International Tennis Hall of Fame pada 2009. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT