10 October 2019, 06:53 WIB

Penembakan di Sinagoga Jerman, Dua Orang Tewas


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Andreas Splett/ATV-Studio Halle
 AFP/Andreas Splett/ATV-Studio Halle
Screenshot dari video yang memperlihatkan seorang pria bersenjata berjalan di Kota Hale sebelum penembakan yang menewaskan dua orang.

SEDIKITNYA dua orang tewas tertembak di Kota Halle, Jerman, Rabu (9/10), dalam sebuah serangan anti-Semit saat warga Yahudi merayakan hari besar Yom Kippur.

Dalam melakukan aksinya, pelaku merekam dan mengunggah penembakan tersebut di internet.

Polisi Jerman mengatakan pelaku penembakan telah ditangkap dan mereka meningkatkan keamanan di berbagai sinagoga dan lokasi Yahudi lainnya di negara Eropa itu.

Dalam video berdurasi 35 menit yang diterima AFP, pelaku penembakan terlihat merekam dirinya berbicara merendahkan perempuan dan warga Yahudi, sebelum melancarkan serangan. Aksi itu mirip dengan yang dilakukan pelaku penembakan di masjid di Christchurch, Selandia Baru, awal tahun ini.

Baca juga: Penembakan di Bar AS, Empat Orang Tewas

Kanselir Jerman Angela Merkel mengecam aksi penembakan itu dan menegaskan solidaritasnya untuk warga Yahudi yang tengah meryaakan Yom Kippur.

Merkel kemudian hadir dalam doa bersama bagi para korban penembakan itu di sebuah sinagoga di Berlin.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut aksi penembakan itu sebagai bukti meningkatkan sikap anti-Semit di Eropa.

"Saya meminta otoritas Jerman untuk terus memerangi fenomena anti-Semit itu," cicit Netanyahu.

Ketua Komisi Pusat Yahudi di Jerman Josef Schuster mengecam pemerintah Jerman karena gagal memberikan pengamanan di hari besar tersebut.

"Sangat keterlaluan bahwa sinagoga di Halle tidak dilindungi polisi di hari besar seperti Yom Kippur. Keteledoran itu harus dibayar sangat mahal," tegasnya. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT