10 October 2019, 06:43 WIB

Gauff Melaju ke Perempat Final WTA Pertamanya


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/BARBARA GINDL/APA
 AFP/BARBARA GINDL/APA
Coco Gauff

PETENIS remaja Amerika Serikat (AS) Coco Gauff, Rabu (9/10), melaju ke perempat final turnamen WTA pertamanya dan memastikan diri masuk 100 besar dunia untuk pertama kalinya.

Gauff yang kini berperingkat 110 dunia menang 4-6, 6-4, dan 2-0 ketika lawannya asal Ukraina Kateryna Kozlova mengundurkan diri dari putaran kedua turnamen WTA di Linz karena cedera kaki.

Di usia 15 tahun dan 214 hari, Gauff menjadi petenis termuda yang mencapai babak perempat final turnamen WTA sejak Januari 2005 ketika Sesil Karatancheva melaju ke perempat final di Goldcoast kala berusia 15 tahun dan 153 hari.

"Ini adalah raihan yang apik dan saya berharap bisa melanjutkan kiprah saya ke babak semifinal," ujar Gauff kepada wtatennis.com.

"Saya rasa saya terbiasa menjadi yang termuda dalam berbaai hal sehingga saya memilih menikmati masa muda saya. Pasalnya, banyak orang yang mengatakan masa itu tidak akan bertahan lama," imbuhnya.

Baca juga: Zverev Nyaris Tersingkir dari Shanghai Masters

Nama Gauff mulai dikenal di turnamen Grand Slam Wimbledon ketika dia melaju dari babak penyisihan mencapai babak 16 besar. Dia kemudian mencapai putaran ketiga AS Terbuka setelah masuk babak utama menggantikan Maria Sakkari yang mengundurkan diri.

Gauff berperingkat 685 dunia di awal 2019. Dia mengaku masuk 100 besar pada akhir tahun ini adalah salah satu ambisinya.

"Itu telah menjadi target saya. Pada Januari tahun ini, saya mengirimkan pesan kepada teman saya dan mengatakan saya ingin mengakhiri tahun di 100 besar. Saat itu, saya berperingkat sekitar 800-an. Jadi, target itu sangat mengawang-awang. Karenanya, saya senang bisa mencapainya," papar Gauff.

Di perempat final di Linz, Gauff akan berhadapan dengan pemenang laga antara unggulan teratas asal Belanda Kiki Bertens dan petenis Belgia Alison Van Uytvanck. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT