09 October 2019, 18:45 WIB

Makan ala Vegan Justru Merusak Gigi


Suryani Wandari Putri | Weekend

123rf
 123rf
Kandungan asam yang ada di sayuran dan buah bisa berdampak buruk bagi email gigi anda.

Menjalani pola hidup sehat memang memiliki keuntungan sendiri bagi tubuh. Tak terkecuali menjadi seorang vegan yang sama sekali tak menyantap daging dan produk turunan hewan.

Banyak yang mengungkapkan pola makan yang dilalui vegan telah terbukti menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

Namun mengubah pola konsumsi menjadi vegan justru bisa berdampak buruk bagi senyum Anda. Hal ini diperingatkan dokter gigi Dr Mervyn Druian, dari London Centre for Cosmetic Dentistry yang diansir dari dailymail. Ia mengatakan telah melihat peningkatan kerusakan gigi pada pasien setelah mereka memakan makanan tertentu.

Menurutnya beberapa vegan memakan lebih banyak makanan manis dan bertepung seperti buah-buahan dan biji-bijian. Makanan itu bisa menyebabkan kekurangan protein dan kalsium yang penting untuk menjaga gigi.

Tak hanya itu, makanan tersebut membuat bakteri dalam plak menghasilkan asam, yang dapat merusak email gigi. "Karena veganisme telah meroket, kami melihat lebih banyak pasien dengan erosi dan lubang," kata Dr Druian.

"Bukan hanya karena kekurangan vitamin, tetapi juga karena pertukaran makanan yang mereka hasilkan," lajutnya.

Ya, beberapa buah yang mengandung asam yang kuat malah akan merusak gigi satunya adalah jeruk, lemon, anggur, stroberi, dan nanas. (M-3)

Baca juga : Tularkan Semangat Peduli Kanker Payudara
 

BERITA TERKAIT