09 October 2019, 17:27 WIB

Darmin Optimistis Ekonomi Kuartal Tiga Tumbuh 5%


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

ANTARA/Dhemas Reviyanto
 ANTARA/Dhemas Reviyanto
 Pedagang bawang di Pasar Tebet Barat, Jakarta. Menko Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan pertumbuhan ekonomi disokong oleh konsumsi. 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal III 2019 di kisaran 5%. Angka itu didapat lantaran ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang terbilang tinggi.

"Kan kita lebih banyak tergantung demand di dalam negeri daripada ekspor. Jadi jangan dicampur aduk, dunia sedang payah jangan dianggap kita juga payah," ujar Darmin saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (9/10).

Namun konsumsi rumah tangga yang tinggi itu, lanjut dia, tidak dibarengi dengan geliat ekspor dan impor yang 6 bulan terakhir sedang loyo. Perbaikan ekspor dan impor diakuinya baru sedikit membaik sejak September.

Darmin menegaskan, peranan ekspor dan impor Indonesia memang tidak memiliki peranan yang terlalu tinggi pada pendapatan domestik bruto (PDB).

"Artinya, pengaruh dari perdagangan global pasti ada, tapi tidak sebanyak misalnya ke Malaysia, apalagi ke Singapura pertumbuannya sudah nol," ujar Darmin.

Baca juga: Apindo: Investasi di Ibu Kota Baru Tergantung Kepastian

Lebih lanjut, ia mengatakan, pemerintah tidak melulu fokus soal pertumbuhan semata. Sebab saat ini hal krusial di bidang perizinan juga menjadi fokus prioritas.

"Pemerintah itu bisa memikir?an (pertumbuhan) akhir tahun. Tapi yang dipikirkan tidak hanya akhir tahun. Kita sedang memikirkan penyederhanaan lebih lanjut dari perizinan melalui omnibus law. Itu kalau pun di pemerintahan ini tidak selesai, minimal bahannya sudah selesai, sehingga pemerintahan mendatang bisa menyelesaikannya," tandas Darmin. (A-4)

BERITA TERKAIT