09 October 2019, 15:53 WIB

Hoaks, Ma'ruf Amin akan Mundur dari Wapres. Ini Faktanya


Antara/Medcom.id | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Berita disinformasi yang beredar di Facebook.

MEDIA sosial (medsos) Facebook diwarnai dengan unggahan berita dari kabarislamnews.com dengan judul KH Ma'ruf Amin Akan Mengundurkan Diri Setelah Di Lantik.

Pada Selasa, 1 Oktober 2019, akun Facebook George Manuputty mengunggah foto memuat artikel berita dari laman tersebut dan menambahkan caption yang menyebut Ma'aruf Amin dimanfaatkan untuk mendulang suara dalam Pilpres 2019. Berikut isi caption yang ditulis:
 
"Nah buat para pendukungnya ma'ruf amin. Selamat punjaanmu akan mengundurkan diri. Pasti di Ganti sama penista agama C Ahok. Selamat ya bong"

Setelah ditelusuri, informasi yang menyebut Ma'ruf Amin mengundurkan diri berasal dari laman kabarislamnews.com dengan judul “KH. Ma'ruf Amin Akan Mengundurkan Diri Setelah Di Lantik”. Artikel itu diunggah pada Selasa (2/7/2019).
 
Artikel itu menyajikan berita KH Ma'ruf Amin mengundurkan diri sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), bukan sebagai Wakil Presiden seperti yang diunggah dalam narasi akun George Manuputty.

Baca juga: Berdayakan Warganet untuk Tangkal Hoaks

Pada hari yang sama, sejumlah media arus besar seperti cnnindonesia.com dan merdeka.com juga menyayangkan berita berisi Ma'ruf Amin Mundur sebagai Ketua MUI setelah Dilantik Jadi Wapres. (X-15)

 

BERITA TERKAIT