09 October 2019, 14:48 WIB

Penyaluran Jadup Korban Bencana Ditarget Tuntas Akhir Oktober


M Taufan SP Bustan | Nusantara

Mi/M Taufan SP Bustan
 Mi/M Taufan SP Bustan
Pengungsi korban gempa Palu masih tinggal di tenda-tenda pengungsian. 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah, menargetkan penyaluran dana bantuan jaminan hidup (jadup) korban bencana di Palu, Sigi, dan Donggala tuntas pada akhir Oktober 2019. Kepala Dinas Sosial Pemprov Sulteng Ridwan Mumu mengatakan, untuk memenuhi target itu, pemerintah memberikan tenggat waktu kepada Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi, dan Donggala untuk menuntaskan finalisasi data penerima.

"Kalau semua data penerima sudah masuk, bisa dipastikan akhir bulan ini selesai penyalurannya. Karena dananya sudah ada," terangnya di Palu, Rabu (9/10).

Menurut Ridwan, saat ini tinggal data penerima jadup Donggala yang bermasalah. Oleh karena itu, Pemkab Donggala harus bekerja ekstra untuk memfinalkan data penerima tersebut.

"Itu karena dari total 7.795 KK penerima jadup, baru 2.290 KK yang valid sebagai penerima tahap pertama. Sementara sisanya 5.505 KK belum terverifikasi karena jumlah jiwa belum valid," tegasnya.

Sedangkan untuk Kota Palu dan Kabupaten Sigi, kata Ridwan, sudah mulai diproses karena data yang diberikan telah terverifikasi. Untuk Sigi tercatat yang akan menerima jadup tahap dua sebanyak 4.584 jiwa sementara Kota Palu sebanyak 8.407 jiwa.

baca juga: Penambangan Batu di Purwakarta Dievaluasi

"Apabila hingga batas tenggat yang diberikan pemerintah pusat tidak bisa disanggupi, dana jadup akan ditarik. Hal ini disebabkan dana jadup berasal dari bantuan pihak luar. Makanya ini harus jadi perhatian untuk diselesaikan," pungkas Ridwan. (OL-3)

BERITA TERKAIT