09 October 2019, 11:44 WIB

TNI Kerahkan Hercules Bawa Pengungsi Kembali ke Wamena


Golda Eksa | Politik dan Hukum

 ANTARA/M Risyal Hidayat
  ANTARA/M Risyal Hidayat
Dua orang Ibu Bhayangkari menyuapi makan pada bocah pengungsi di Posko pengungsian di Makodim 1702/Jayawijaya, Wamena, Papua, Selasa (8/10).

KONDISI keamanan di Wamena, Jayawijaya, Papua, berangsur kondusif. Para pengungsi yang masih berada di Lanud Silas Papare berharap dapat kembali ke tempat tinggalnya di Wamena.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pihaknya akan memfasilitasi para pengungsi yang kembali ke Wamena. Nantinya masyarakat akan diangkut menggunakan pesawat Hercules dan helikopter.

"Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan Helikopter milik TNI,” ujar Hadi saat mengunjungi pengungsi di Posko Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (9/10).

Panglima TNI menuturkan bahwa di Jayapura sendiri TNI akan menyiapkan tiga Hercules yang digunakan untuk mengangkut pengungsi yang berada di Jayapura untuk kembali ke Wamena.

“Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan Helikopter, dimana nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung Hercules untuk kembali ke Wamena,” terangnya. 

Mantan Kepala Staf TNI AU itu menegaskan TNI dan Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena, termasuk di Oksibil serta Ilaga dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat. (Ol-09)

BERITA TERKAIT