09 October 2019, 07:02 WIB

Ibrahimovic Resmikan Patung Dirinya di Malmo


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Johan NILSSON/TT News Agency
 AFP/Johan NILSSON/TT News Agency
Zlatan Ibrahimovic saat meresmikan patung dirinya di Kota Malmo.

ZLATAN Ibrahimovic, Selasa (8/10), meresmikan patung perunggu dirinya di dekat stadion tempat dia mengawali karier profesionalnya di Kota Malmo.

"Dari mana pun Anda berasal, dimana pun Anda berada, bagaimana pun rupa Anda, patunng ini akan menjadi simbol bahwa segalanya mungkin," ujar pesepak bola terbaik Swedia yang terlihat jelas terharu.

Ibrahimovic yang pernah memperkuat Paris Saint-Germain sebelumnya pernah dibuatkan patung lilin di di Museum Grevin di ibu kota Prancis itu.

Dia telah menunggu untuk meresmikan patungnya di Swedia selama lima tahun.

Patung karya seniman Swedia Peter Linde itu sangat impresif. Patung itu memiliki tinggi 2,7 meter dan berat 500 kilogram.

Baca juga: Jadi Sasaran Serangan Lebah

Ibrahimovic yang orangtuanya bermigrasi dari Yugoslavia hidup di Rosegard, Malmo, kawasan yang dikenal karena kerap terjadi bentrokan antargang.

Pesepak bola itu bermain untuk Malmo, Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, dan Manchester United sebelum hijrah ke LA Galaxy.

Dia sukses membangun reputasi sebagai pemain yang selalu memenangkan gelar liga domestik dengan meraih 13 gelar dari 16 musim di Belanda, Italia, Spanyol, dan Prancis meski salah satunya, bersama Juventus, telah dicabut.

Kini, Galaxy sukses melaju ke babak playoff MLS dan akan berhadapan dengan Minnesota di putaran pertama pada 20 Oktober mendatang.

Ibrahimovic menjadi andalan timnas Swedia antara 2001 dan 2016 dengan tampil di 116 laga dan mencetak 62 gol.

Dia tetap menjadi idola di Malmo.

"Dia adalah salah satu dari kami. Dia berasal dari Rosegard dan kini menjadi raja sepak bola," ujar Jaafar yang tumbuh di area yang sama dengan Ibrahimovic. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT