09 October 2019, 06:50 WIB

Biles Raih Medali Emas Ke-15 di Kejuaraan Dunia


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Lionel BONAVENTURE
 AFP/Lionel BONAVENTURE
Simone Biles

PESENAM Amerika Serikat (AS) Simone Biles memenangkan medali emas yang ke-15 di Kejuaran Dunia Senam, Selasa (8/10), setelah tim AS memastikan memenangkan medali emas nomor beregu di Stuttgart.

Pesenam berusia 22 tahun itu meraih medali ke-21 di Kejuaraan Dunia untuk menjadi pesenam putri dengan medali terbanyak di Kejuaraan Dunia, unggul satu medali dari pesenam Rusia Svetlana Khorkina.

Biles juga kini hanya terpaut dua medali dari rekor sepanjang masa yang dipegang pesenam Belarus Vitaly Scherbo, bintang senam di era 1990-an.

Medali emas nomor beregu itu merupakan yang keempat bagi Biles saat tim AS mendominasi selama delapan tahun terakhir.

Baca juga: Indonesia Incar 45 Medali Emas di Sea Games 2019

Tim AS meraih medali emas setelah mengumpulkan angka sebanyak 172.330, unggul jauh dari tim Rusia yang meraih medali perak dengan raihan angka 166.529. Adapun medali perunggu diraih tim Italia dengan raihan angka 164.796.

Biles memegang peran penting dalam kesuksesan tim AS setelah meraih poin tertinggi di tiga dari empat nomor yang dipertandingkan yaitu vault, palang sejajar, dan senam lantai.

Dia mendapat sambutan gemuruh setelah berhasil melakukan gerakan 'Biles II'--triple twisting double back--di nomor senam lantai. Aksi itu merupakan perwujudan janji bahwa dia akan melakukan gerakan itu di Stuttgart.

Raihan angka 15.333 yang diraih Biles di nomor senam lantai bersama dua rekannya, Jade Carey dan Sunisa Lee, memastikan tim AS meraih emas.

Biles dijagokan untuk memenangkan lebih banyak medali karena dia merupakan unggulan di nomor semua alat yang akan digelar pada Kamis (10/10) dan di nomor alat pada akhir pekan ini. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT