08 October 2019, 19:35 WIB

Unpam Gelar Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Unpam
 Dok. Unpam
Diklat Keplaa Sekolah yang digelar Unpam

KEPALA sekolah berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal tersebut  tertuang  dalam |Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.

Kepala sekolah juga dituntut meningkatkan kompetensi yang dimiliki yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Merujuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor: 5497/B. B1.3/HK/2019, tanggal 29 Juli 2019 dinyatakan Universitas Pamulang ( Unpam) ditetapkan sebagai salah satu Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).
 
Pada 2019 Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Unpam mendapat tugas melaksanakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah TK/SD/SMP di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan serta Kepala SMA/SMK/SLB Provinsi Banten,

Kegiatan tiu diikuti sebanyak 1.514 orang Kepala Sekolah yang dibagi menjadi 10 angkatan. 

Baca juga : Peran Pemuda Signifikan Tuntaskan Permaslahan Bangsa

Kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah bertujuan untuk memperdalam kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin dan mengelola satuan pendidikannya, serta memiliki performa sebagai Kepala Sekolah bagi seluruh warga sekolah.

Para pengajar atau fasilitator dalam Diklat terdiri dari Dosen,  Widiyaswara, dan Pengawas sekolah yang telah mengantongi sertifikat tingkat nasional dari Kemendikbud.

Penanggungjawab Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) sekaligus Wakil Rekor Universitas Pamulang yaitu E. Nurzaman, AM, mengatakan, kegiatan LPD yang diselenggarakan Unpam sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalitas Kepala Sekolah dalam mengatur sekolah yang dipimpinnya,

Dalam kegiatan ini Kepala Sekolah belajar untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

"Kepala Sekolah diharapkan dapat menjalankan tugas, peran, dan fungsinya dalam memimpin sekolah kearah yang lebih baik sehingga  dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Nurzaman yang pernah menjabat Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK) Kemendikbud.

Sementara itu Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group H. Darsono, yang menaungi Unpam menyambut baik atas kepercayaan pemerintah melalui Kemendikbud kepada Unpam untuk menyelenggarakan Diklat Kepala Sekolah ini.

"Unpam siap berbagi pengalaman terbaik atau best practice  dalam mengelola sekolah dan perguruan tinggi. Yayasan Sasmita Jaya Group berpengalaman menyelenggarakan SMK Kelompok Bisnis dan Kelompok Teknologi yang memiliki peserta didik yang terbilang besar di lingkungan Kota Tangerang Selatan,"kata Darsono.

 Dalam lingkup Pendidikan Tinggi, di samping Unpa.. yang memiliki
Untuk memperkuat materi pelatihan bidang kewirausahaan, para Kepala Sekolah peserta Diklat ini difasilitasi oleh Yayasan berkunjung ke kampus dan pusat kegiatan bisnis atau kewirausahaan yang ada di Unpam. yang terintegrasi dengan kegiatan akademik dan menjadi salah satu keunggulan Unpam.

Rektor Unpam Dayat Hidayat mengatakan, kepala Sekolah merupakan posisi yang sangat strategis dalam Sistem Pendidikan Nasional, karena akan menentukan masa depan peserta didiknya melalui kemampuan mengelola dan mengembangkan sekolah yang dipimpinnya.

"Oleh karena itu sertifikat yang diperoleh melalui Diklat ini mempresentasikan Standar Kompetensi Kepala Sekolah di Indonesia dari Sabang sampai Marauke, dengan demikian kualitas pendidikan Indonesia, dimanapun berada diharapkan terjadi kesetaraan untuk menuju tercapainya kesamaan, " pungkas Dayat. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT