09 October 2019, 03:00 WIB

Skuat Garuda Percaya Diri Tantang UEA


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
 ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kanan) memberikan instruksi kepada pemain timnas saat pemusatan latihan di GBK

PELATIH timnas Indonesia Simon McMenemy menyatakan anak asuhannya percaya diri jelang laga melawan tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (10/10). Pemain telah bisa beradaptasi dengan kondisi di Dubai, demikian pula dengan beberapa pemain yang bergabung belakangan.

Pelatih asal Skotlandia itu memimpin latihan di Lapangan Iranian Club, Senin (7/10) malam waktu setempat. Selain taktik permainan, penekanan terhadap penyelesaian akhir juga menjadi fokus sepanjang 2 jam menempa diri.

"Latihan sangat baik, pemain penuh percaya diri. Kami menanti pertandingan sebenarnya," ung-kap McMenemy mengenai laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu.

Skuat 'Garuda' harus bisa bangkit setelah dua kekalahan di kandang sendiri, takluk 2-3 dari Malaysia dan disikat Thailand 0-3.

Terkait dengan pemain susulan yang datang belakang, McMenemy berharap mereka bisa menyesuaikan diri dengan pemain lain. Pemain susulan yang tiba, Minggu (6/10), ialah Alberto Goncalves, Abduh Lestaluhu, Wawan Febrianto, Abduh Lestaluhu, Lerby Eliandry, dan Gavin Kwan yang menggantikan posisi Novri Setiawan.

Adaptasi terhadap kondisi di Dubai, menurut gelandang Evan Dimas, telah dilakukan dengan baik. "Kami juga tidak mengalami kendala di UEA karena sudah beberapa hari melakukan adaptasi di sini," ucap Evan Dimas.

Di kubu Uni Emirat Arab yang pada laga sebelumnya mengalahkan Malaysia 2-1, tidak ingin memandang sebelah mata kekuatan Indonesia yang sudah dua kali kalah. "Indonesia bakal menunjukkan mereka bukan tim lemah. Kami harus tunjukkan sebagai tim dengan penampilan terbaik," tegas Ahmed Barman, gelandang UEA di situs federasi sepak bola UEA.

 

Mampu bersaing

Di bagian lain, pelatih timnas U-23, Indra Sjafri, berharap anak asuhnya bisa berbicara banyak di CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019.

Egy Maulana dan kawan-kawan akan melawan tuan rumah Tiongkok Jumat (11/10), lalu bentrok melawan Yordania Minggu (13/10), dan terakhir menantang Arab Saudi pada Selasa (15/10).

Indra Sjafri membawa 26 pemain untuk bersaing pada mini turnamen tersebut. Indra membawa nama-nama yang biasa menghuni timnas junior Indonesia, seperti Egy Maulana, Gian Zola, dan Witan Sulaiman.

"Kami sudah kerucutkan pemain untuk pergelaran turnamen di Tiongkok nanti. Saat ini sudah ada 26 nama pemain yang berangkat ke Tiongkok. Semoga kami bisa berbicara banyak di ajang tersebut," kata Indra, melalui keterangan tertulis, Selasa (8/10).

Sebelum berangkat ke Tiongkok, Indra telah mematangkan strategi dengan menggelar pemusatan latihan. Menu bertahan dan menyerang menjadi dua fokus Indra dalam pemusatan latihan tim di Bogor dan Jakarta, beberapa hari lalu.

"Taktik menyerang dan bertahan memang menjadi menu latihan wajib kami untuk menghadapi turnamen di Tiongkok," lanjutnya.

Indra mengaku tak terlalu dipusingkan dengan fisik para pemain lantaran telah ditempa klub tempat pemain bernaung. "Selama pemusatan latihan, kami tidak memperbaiki kondisi fisik mereka. Itu karena saya menilai kebugaran mereka sudah terjaga di klub saat mereka melakukan kompetisi Liga 1. Individual taktikal juga tak diberikan," jelas Indra Sjafri. (Pssi.org/goal.com/R-2)

BERITA TERKAIT