08 October 2019, 20:59 WIB

Loew Optimalkan Pemain Muda


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP/ INA FASSBENDER
 AFP/ INA FASSBENDER
Joachim Loew

TIM Panser Jerman akan menghadapi Argentina pada laga persahabatan, Kamis (10/10) dini hari.

Arsitek Tim Panser Joachim Loew akan kehilangan pemain andalannya, Toni Kross yang mengalami cedera kaki. Kross mengalami cedera kaki kiri saat Real Madrid mengalahkan Granada akhir pekan lalu.

Tak hanya Kross, bek kiri FC Cologne Jonas Hector, penyerang RB Leipzig Timo Werner juga dipastikan akan absen membela timnas Jerman. Sebagai penggantinya, Low memanggil gelandang Hoffeinhem Sebastian Rudy, bek Freiburg Robin Koch dan gelandang Schalke Suat Serdar.

Low berkukuh tidak akan memanggil pemain senior, seperti Mat Hummels karena memilih memaksimalkan pemain muda yang belum pernah memperkuat timnas.

"Saya belum memikirkan soal dia (Hummels). Kami tetap mengikuti keputusan kita dengan pemain muda dan tidak ada alasan untuk memanggil Mats," kata Loew.

 

Baca juga: Cedera, Salah Terancam Absen Kontra MU

 

Pada posisi kiper, Joachim Loew memastikan Manuel Neuer tetap menjadi kiper utama Tim Panser. Sebelumnya sempat terjadi perdebatan mengenai kiper nomor 1 Jerman setelah jebloknya penampilan Neuer saat kalah melawan Belanda 4-2 pada kualifikasi Piala Eropa 2020 beberapa bulan lalu.

Kiper kedua Tim Panser, Marc Andre ter Stegen mengaku ia pantas menjadi starter pada laga itu. Ia beralasan ia telah tampil apik bersama Barcelona pada musim lalu. Namun, Loew tak bergeming dengan tetap menurunkan Neuer.

"Saya telah menyatakan Neuer adalah kapten kami sekaligus kiper nomor satu saat ini dan Piala Eropa mendatang, jika tidak ada kejadian luar biasa yang menimpanya," kata Loew.

Untuk menghindari perdebatan soal posisi kiper, pada laga melawan Argentina dan Estonia, Loew akan bergantian menurunkan keduanya. Ter Stegen akan turun saat melawan Argentina, sedangkan Neuer tampil melawan Estonia.

"Untuk pertandingan nanti, saya telah memutuskan Marc bermain di Dortmund dan Neuer di Tallin, Estonia. Saya telah memberi tahu keduanya," kata Loew.

Tim Panser Jerman harus mengalahkan Estonia untuk tetap bertengger di puncak klasemen grup C dan menghindar dari kejaran Belanda yang terpaut tiga poin dengan satu laga belum dimainkan. Saat ini, Jerman ditempel Irlandia Utara di posisi dua dengan poin sama, yakni 12. (AFP/OL-8)

BERITA TERKAIT