08 October 2019, 20:29 WIB

Fasos Fasum Diambil, Emak-emak Bertindak


Gana Buana | Megapolitan

Ist
 Ist
Aksi emak-emak menolak pengambilan fasos fasum

RATUSAN emak-emak berunjuk rasa di atas lahan pembongkaran fasilitas sosial di Perumahan Setia Bina Sarana (SBS) Bekasi Utara, Selasa (8/10). Mereka menolak rencana pengambilalihan lahan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) milik warga.

“Terlihat sekali arogansinya, pengambilan lahan fasos fasum ini dilakukan secara sepihak tanpa melibatkan warga,” kata Ketua RW 08, Asmo Hari Prayogo, Selasa (8/10).

Menurut Asmo, lahan fasos ini seluas 1.600 meter persegi telah dimanfaatkan warga untuk keperluan fasilitas olahraga dan balai pertemuan. Sedangkan, Pemkot Bekasi mengambil paksa tanpa berkoordinasi.

Baca juga : Aksi Rampok Bersenjata Digagalkan di Tempat Cuci Motor 24 Jam

Asmo mengatakan, sebetulnya warga tidak mempersoalkan pengambilan lahan asal sesuai dengan prosedur. Apalagi, lahan tersebut nantinya bakal dibangun ruang kelas baru di SMAN 4, termasuk lahan parkirnya.

“Setidaknya, lahan yang akan diambil alih itu disisakan untuk kepentingan warga sekitar. Sehingga, warga tidak terganggu dengan sarana prasarana yang sudah ada,” kata dia.

Setelah memberikan orasi, para ibu rumah tangga yang membawa poster dan spanduk itu akhirnya membubarkan diri dengan tertib. Namun, warga sekitar tetap mengancam akan kembali turun ke jalan dengan jumlah massa yang lebih besar bilamana tidak diindahkan tuntutannya. (OL-7)

BERITA TERKAIT