09 October 2019, 00:15 WIB

Garuda Select Rintis Impian ke Piala Dunia


(Faj/R-2) | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
 Ratu Tisha :  PSSI bekerja sama dengan Super Soccer TV melalui program Garuda Select akan memberangkatkan 24 pesepakbola Indonesia U-16  

PERSATUAN Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali melanjutkan program Garuda Select. Kali ini PSSI mengirim sebanyak 24 pemain muda menimba ilmu ke Inggris dan Italia selama lima bulan. Sebuah rintisan untuk menggapai tiket tampil di Olimpiade dan Piala Dunia.

Pemain di Garuda Select merupakan hasil seleksi Elite Pro Academy Klub Liga 1 U-16 dan U-18. Seleksi yang diawasi langsung oleh Direktur Program Dennis Wise, mantan pemain timnas Inggris dan Chelsea, menghasilkan 18 pemain. Sisanya, enam pemain, merupakan anggota Garuda Select gelombang pertama yang saat ini membela timnas U-19, yakni Bagus Kahfi, Fajar Fathurahman, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, David Maulana, dan Bagus Kaffa.

Sekjen PSSI Ratu Tisha mengatakan program Garuda Select merupakan percepatan pengembangan usia muda dan ditargetkan untuk membawa Indonesia ke pentas Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030. "Para pemain yang dikirim ke Inggris dan Italia akan belajar dengan level pelatihan dunia. Kami berharap program ini dapat mengembangkan kualitas dan pribadi pemain-pemain muda berbakat Indonesia. Sepanjang program Garuda Select, semua pemain akan dijamin kesehatan dan fisiknya," kata Ratu Tisha ketika ditemui di Kedubes Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin.

Pemain muda di tim Garuda Select bertolak ke Inggris, Rabu (9/10) ini. Selama lima bulan mereka dijadwalkan bertanding melawan akademi klub Inggris dan Italia, seperti Manchester City, Inter Milan, dan AC Milan.

Garuda Select nantinya akan menjalani latihan secara intensif di Inggris di bawah arahan Direktur Program Dennis Wise serta Pelatih Des Walker. Nama terakhir merupakan mantan bek tangguh timnas Inggris dan pernah berkostum Nottingham Forest serta Tottenham Hotspur.

"Kami bertugas mengembangkan bakat anak-anak ini. Suatu hari mereka bisa membawa Indonesia ke Piala Dunia," kata Wise.

Sementara itu, salah satu pemain Garuda Select Erlangga Setyo mengatakan dengan menimba ilmu ke Inggris dan Italia, berharap menjadi modal berharga untuk menggapai mimpinya bermain di Eropa.

Erlangga yang berposisi sebagai kiper itu bermimpi bisa bermain untuk klub raksasa Eropa, Real Madrid. "Orangtua juga sangat mendukung dan doain saya bisa bisa main di Real Madrid," kata kiper bertinggi 192 sentimeter asal Persib Bandung itu. (Faj/R-2)

BERITA TERKAIT