08 October 2019, 17:15 WIB

Terdampar di Perairan Batang Kapas Pessel, Ikan Hiu Paus Mati


Yose Hendra | Nusantara

ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
 ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
 Warga memperhatikan seekor Ikan Hiu Paus  yang terdampar di pantai Teluk Betung, Kecamatan Batang Kapas, Sumatera Barat.

SEEKOR ikan hiu paus ditemukan beberapa nelayan di perairan pantai teluk batung, Kenagarian IV Koto Hilir, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Senin (7/10), sekitar pukul 15.00 WIB.

Ikan sepanjang 7,41 meter itu terdampar tidak jauh dari bibir pantai Teluk Batung, Kecamatan Batang Kapas, dengan kondisi lemas sebelum akhirnya mati.

Menurut Joni, salah seorang nelayan setempat, ia melihat hiu paus saat hendak pergi melaut.

"Saat itu kondisinya hampir sekarat," ujar Joni.

Nelayan lainnya, Yayan membenarkan adanya hiu paus yang terdampar di Teluk Batung. Menurut dia,  karena kondisi cuaca yang mendukung serta gelombang cukup tinggi membuat evakuasi hiu sedikit susah.

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, memperkirakan ikan hiu paus dengan berat 1,5 ton dan panjang 7,41 meter itu terdampar saat berburu makanan di tengah situasi angin kencang.

"Hanya ada dua kemungkinan penyebab ikan ini terdampar. Pertama, karena keasyikan mencari makan, sehingga tak sadar sudah berada di tepi. Atau, terbawa arus akibat angin kencang, sehingga sampai ke pinggir pantai," jelas Fadly Pratama Widjaya, salah satu anggota Respons Cepat BPSPL Padang.  (YH/A-3)

BERITA TERKAIT