08 October 2019, 13:06 WIB

Apindo Gandeng Swedia Terapkan Energi Terbarukan


Andhika Prasetyo | Humaniora

Istimewa/Apindo
 Istimewa/Apindo
Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Eddy Hussy.

PARA pelaku usaha Indonesia terus berupaya menjalin kerja sama dengan pebisnis-pebisnis asal Swesia yang bergerak di sektor energi baru terbarukan atau renewable energy.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Eddy Hussy menyebut lebih dari 50% pelaku usaha Swedia telah menerapkan renewable energy. Hal tersebut tentu perlu dicontoh dan diterapkan juga di Indonesia.

"Selain ramah lingkungan, renewable energy itu lebih murah, lebih efisien. Itu akan membuat biaya produksi bisa ditekan," ujar Eddy di kantornya, Jakarta, Selasa (8/10).

Sejak awal tahun, ia mengatakan sudah ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menggunakan teknologi energi baru terbtukan asal Swedia, seperti sistem electrical dan energy building.

Berbagai teknologi tersebut disediakan oleh sembilan perusahaan asal Swedia yakni Climacheck, Comsys, dLab, Frico, Unipower, Grundels, Sensative, Absolicon dan Surfcleaner.

Kendati demikian, ia masih enggan menyebutkan berapa besaran investasi yang telah dikeluarkan dalam kolaborasi business to business tersebut.

"Ini masih awal, kami belum dapat laporan menyeluruh. Tapi kami pastikan ke depannya, akan lebih banyak perusahaan Indonesia yang menerapkan renewable energy," tuturnya. (Ol-09)

BERITA TERKAIT