08 October 2019, 15:45 WIB

NBA dan Nets Batalkan Acara di Shanghai


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/ELSA/GETTY IMAGES NORTH AMERICA
 AFP/ELSA/GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Brooklyn Nets

NBA dan Brooklyn Nets secara mendadak membatalkan jadwal kegiatan mereka di Shanghai, Selasa (8/10), saat liga bola basket Amerika Serikat (AS) itu berjuang mengatasi krisis yang dipicu cicitan eksekutif Houston Rockets yang menyatakan dukungan untuk aksi prodemokrasi Hong Kong.

Pemain Nets, pemilik klub berkebangsaan Taiwan-Kanada Joseph Tsai, dan pejabat NBA Tiongkok dijadwalkan hadir dalam acara menjelang laga eksebisi di Tiongkok antara Nets dan Los Angeles Lakers.

Namun, NBA Tiongkok mengeluarkan pemberitahuan kepada media, dua jam sebelum acara, yang mengatakan acara itu dibatalkan.

Pemberitahuan itu tidak mengungkapkan alasan pembatalan itu dan tidak mengonfirmasi apakah laga eksebisi itu jadi digelar atau tidak.

Baca juga: Lowry Sepakati Perpanjangan Kontrak dengan Raptors

Krisis di Tiongkok itu terjadi pada Jumat (4/10) ketika General Manager Rockets mengunggah cicitan yang mendukung aksi demonstrasi di Hong Kong.

Tiongkok langsung bereaksi dengan menghukum Rockets dengan memerintahkan televisi milik pemerintah untuk tidak menayangkan laga-laga klub NBA itu dan perusahaan asal Tiongkok mencabut dukungan mereka untuk klub itu.

Nets dijadwalkan berhadapan dengan Lakers di Shanghai pada Kamis (10/10) dan di Shenzhen pada Sabtu (12/10).

Dua tim NBA, setiap tahunnya, memainkan laga pramusim bermain di Tiongkok. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT